blighted ovum

Dari flek hebat itu kemarin, aku terus2an pendarahan. Walau volumenya sangat sedikit. Tapi yg namanya hamil sesedikit apapun darah yg keluar patut diwaspadai. Tanya sana sini, katanya sih carilah 2nd opinion ke dr. Bambang Karsono. Beliau ini ahli dalam membaca hasil USG. Beliau praktek di YPK dan RSCM. Dah tanya ke YPK dapet antrian sesudah tgl 10 Januari. Lama bet. Di RSCM lebih ga jelas, LIBUR MBA!!!!

Akhirnya siang2 aku ke MMC lagi, kencan sama dr. Otamar. Yak hari ini aku divonis BLIGHTED OVUM. Atau JANINKU TIDAK BERKEMBANG! Duh …. mau nangis rasanya. Tapi aku tetep bisa senyum di depan si dokter. 

Dokter menyarankan untuk ga kuret. Tapi diluruhkan pake obat. Disini ada sedikit kebimbanganku. Suamiku ga mau cari 2nd opinion. Akhirnya aku yg bilang

Aku              : ”dok, saya boleh cari 2nd opinion ga ke dr. Bambang?”

Dr. Otamar : ”boleh aja. Gapapa ko bu”

Aku              : ”tapi saya minta rujukan dok. Karna dr. Bambang harus pake rujukan”

Dr. Otamar : ”bentar saya buatkan ya bu. *sambil nulis rujukannya* … ini mau di YPK?”

Aku              : ”jangan dok, di RSCM aja soalnya kalo di YPK dapet antrian sesudah tgl 10.”

Dr. Otamar : ”susah kali nyarinya! Ke dr. Azen Salim aja ya di RSPI. Saya mah kalo ngerujuk orang kalo ga ke dr. Bambang ya ke dr. Azen, lebih dari itu, gw aja dah yg meriksa.”

Aku               : “terserah dokter d.” 

Menurut dr Otamar penyebabnya ada 2 yaitu : bibit yang ga bagus atau ada antibodi terhadap sperma. kalau masalah bibit yang ga bagus itu jelas di luar kuasa kita, tapi memang berdasarkan perhitungan usia kandunganku yang meleset dari perkiraan kemungkinan pembuahan ini terjadi di luar masa subur. sedangkan antibodi terhadap sperma, sperti yang udah aku jelaskan dulu, memang aku berada di level 3. jadi mau ga mau aku memang harus menjalankan terapi ini. Akhirnya kita pulang. Coba2 telpon RSPI, ternyata oh ternyata beliau sudah cuti. Hilang d harapan gw. Hiks2 ….

About these ads

103 Comments »

  1. senandungcintaku Said:

    RSPI = Rumah Sakit Pondok Indah, ada di Pondok Indah

    YPK = Rumah Sakit YPK, ada di Jl. Gereja Theresia, seputaran Menteng

    RSCM = Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (kalo ini ga tau, bener2 d ….)

  2. hilda Said:

    RSPI,YPK dan RSCM apa sih.. jadi bingung ma ceritanya..

  3. Melania Said:

    Mbak, aku juga lagi ngebrowse nih soal blighted ovum karena tanggal 7 Oktober 2008 kemarin aku divonis itu sama dokter. Sedih deeehhh….
    Udah hampir setahun dari peristiwa mbak ya?
    Padahal aku udah punya anak satu, tapi tetep aja sedihnya gak ketulungan. Kemarin usia kandunganku 8 minggu, masih kecil sih tapi tetep dikuret juga. Baru tau kalau ternyata bisa diluruhkan pakai obat aja ya?
    Mbak sekarang udah hamil lagi blm?

  4. senandungcintaku Said:

    mba, so sorry to hear that ….
    iya mba sudah hampir staun berlalu …. sedih sih pasti ya mba. namanya juga kehilangan anak.
    bisa mba, biasanya kalo pake obat kalo masih kemungkinan 50-50. artinya, kalo ternyata masih bisa diselamatkan dgn obat itu justru makin kuat. tapi kalo engga ya luruh.
    doain aja ya mba ….

  5. mona Said:

    salam kenal mba..
    saya juga divonis kena blighted ovum, skitar 3 bulan yang lalu..
    hmm,,walopun yang BO kemaren itu kehamilan kedua, dan yang pertama juga keguguran, rasanya tetep ya,,sedih,,
    setelah dikuret kemarin, mensnya juga jadi brantakan, knp gt ya, mba?

  6. senandungcintaku Said:

    kalo setelah dikuret engga mba. Alhamdulillah lancar mens nya. sperti biasa.
    waktu ga lancar itu sesudah keguguran tapi ga dikuret. karna ga lancar (bukan ga lancar sih tapi keseringan) makanya dikuret juga.

  7. Afan Aftory Said:

    Ikutan ya..
    Istri saya barusan divonis blighted ovum yang kedua kalinya, kami sudah punya satu anak, tahun 2005 BO dan 4 Nov 2008 BO kedua. Penyebabnya menurut dokter adalah kromosom tak ada obatnya, mungkin bisa dari gizi makanan… La haula walakuwata ilabillah

  8. senandungcintaku Said:

    turut berduka pak ….
    BO memang aga2 gimana gitu. soalnya pasti dokter cuma bilang ya karna bibit yang ga bagus aja. gizi saat hamil memang harus diperhatikan sih. *ga lagi2 makan indomie d, kapok*

    • ririn Said:

      emang makan indomie ngaruh banget sampai BO???

  9. istie Said:

    Yang sabar ya mbak, semoga diberi pengantinya dan akan dipermudah jalannya.. tetap berdoa dan berusaha…semoga selalu tabah dan sabar

  10. Julia Said:

    Saya sudah punya seorang anak putri, setelah ingin punya yang kedua saya mengalami BO 6x selama 4 tahun. Hanya berserah pada Tuhan dan percaya Dia akan memberi yang terbaik, akhirnya dikaruniai anak yang kedua, seorang bayi laki-laki yang sekarang sudah berusia 10 bulan.

  11. Idham Rachman Said:

    ikutan dwuonk..
    Istri saya juga ngalamin kaya mbak githu (blighted ovum) saat umur janin 3.5 bulan, hik.. hik… padahal udah di infus segala (kantong pegel juga). Setelah dikuret ikut PLI lagi dan 2 bulan berikut hamil lg deh. Seneng banget. Untuk mbak jangan sedih terus n tetep optimis kalo ada tangan yang lebih menentukan daripada sekedar teori kedokteran.

  12. afan aftory Said:

    Kabar terbaru, ternyata vonis dokter tak selalu benar, second opinion of OBS Docter: bilang tak ada apa-apa dan normal saja. terbukti sekarang sudah bulan ke empat istri saya hamil.. subhanallah Alhamdulillah.

  13. Adelia Said:

    Dear Mbaks & Mas,

    saya gabung yah.. saya juga di bilang ada indikasi BO, padahal waktu USG 6 minggu semuanya masih baik2 aja tapi setelah USG yang kedua Janin/ kantong didlm rahim yang tdnya hanya terlihat satu jadi ada 2 dan dokter pun bilang ini ada kemungkinan kembar (memang saya baru sembuh dari demam berdarah saat itu).. wah alhamdulillah saya senang sekali, tapi… karena ingin meyakinkan diri bahwa calon bayi saya kembar, sy coba ke dktr lain untuk 2nd opinion.. dan oleh dktr ke dua malah dibilang BO, kemungkinan kembar ada tapi bayinya tidak berkembang.. aduh rasanya sedih bgt..
    Tapi setelah sy baca pengalaman dari Mba-Mba, saya seperti punya harapan lagi.. sekarang saya lg mau cari 3rd opinion, Mohon infonya dong Mba/ Mas sebaiknya saya datang ke Dr siapa yah?.. semoga sy belum terlambat..
    terima kasih sebelumnya..

    • senandungcintaku Said:

      coba ke dr. Bambang Karsono, Sp.OG. mba …
      beliau praktek di YPK, RSCM, sama mitra (tapi ga tau mitra yg mana).

      beliau ini ahlinya usg mba.

      • lina_lamomham Said:

        mbak, aq juga dapat merasakan apa yang dirasakan, aq juga mengalami janin yang tidak berkembang pada usia 8 minggu, aq harus dikuret, tapi aq gak pengalaman kuret itu apa, aq diberi obat setelah sekitar 2 atau 3 jam aq mulas bgt seperti mau pipis, terus janinku keluar semua bersama ari2nya, kejadiannya sekitar bulan februari 2010 sekarang aq program lagi tapi belum hamil juga, bulan ini aq hanya haid flek saja, mungkin aq kurang gizi mbak soalnya semenjak hamil malas makan mau nya cuma indomie aja, bobotku menuru padahal semestinya wanita hamil harus naik bobotnya

  14. Rosie Said:

    oohh ok Mba, terima kasih banyak ya..
    Mba, maaf saya mau tanya.. waktu itu Mba akhirnya dikuret atau diluruhkan pakai obat saja ya?… dan apakah ada info kuret itu sakit ga ya Mba?..
    thanks again…

    • senandungcintaku Said:

      hai mba rosie ….
      dulu akhirnya cuma pakai obat. luruh sendiri dirumah.
      tp 2 bulan kemudian dikuret, karna diagnosa dokter ada sisa abortus yg masih ada.
      aku dulu dibius total mba, jadi ga sakit. he he.

  15. Anna Said:

    Assalamualaikum.. Gabung ya..
    saya juga punya pengalaman blighted ovum pada kehamilan pertama & di kuret saat usia kandungan 3 bln. Sekarang setelah 3 bln pasca kuret Alhamdulillah saya hamil lagi,kehamilan sdh 5 minggu. 2 minggu lg saya akan k DSOG & USG utk melihat perkembangan janin. Mhn do’a dr semuanya semoga janin saya sehat, krn ini calon anak pertama kami yg sdh sangat di nanti2kan.. (^_^)

    • senandungcintaku Said:

      Wa’alaikum salam mba anna ….
      semoga lancar ya mba sampai melahirkan nanti …..

  16. mmeela Said:

    Assalamualaikum, ikutan doong… :-)
    Aq juga abis kuret setelah divonis BO di kehamilan minggu ke-10. Duh rasanya kaya liat iklan, ikan yang lagi anteng berenang di aquarium tiba-tiba kelempar sesuatu & aquariumnya pecah, klepek-klepek deh. Apalagi aq udah nunggu selama 4 tahun utk hamil. Tapi jangan putus asa ya untuk ibu2 yg divonis BO. Dari hasil kuret nanti akan dianalisa apa penyebab BO,jadi dokter bisa kasih terapi yang tepat untuk program hamil selanjutnya. Dokterku bilang Insya Allah dalam 2 ampe 3 bln udah bisa hamil lagi. Aamiin… Oh iya itu dia salah satu keunggulan kuret, jaringan BO bisa dianalisa untuk tahu penyebabnya.

    • senandungcintaku Said:

      so sorry to hear that ya mba …. sabar, Allah tau waktu yang terbaik ko.
      semangat yaa

  17. Phier Said:

    Barusan tadi pagi saya divonis BO, setelah delapan minggu usia hpht. rasanya sedih banget. saya dan suami telah menanti momongan selama dua tahun. Untuk memastikanya harus datang lagi minggu depan ke DSOG.

  18. Rizqi Said:

    Ass. mb, ikut gabung ya. beberapa hari lalu saya divonis BO oleh dokter. sedih rasanya, ini baru kehamilan saya yang pertama, usia kandungan baru sekitar 7 minggu.saya nangis tak henti2 meski di depan dokter hingga sampai rumah seharian nangis terus. kata dokter tidak perlu di kuret tapi diluruhkan dengan obat, setelah itu diberi vitamin selama 90 hari insy bisa hamil lg. tapi hingga detik ini saya masih mempertahan kan kehamilan saya, saya bdoa smoga cln anak sy sehat2 sj. minggu depan rencana ingin ke dokter lain untuk 2nd opinion. karena ada sodara saya yang di dokter 1 di usg hnya terlihat kantongnya saja, dan di beri tahu hanya ada kantong saja, belum tentu ada janinya. kemudian periksa k dokter lain, dikatakan mungkin memang babynya kecil dan alhamdulilah skrg sdh usia 4 bulan. tapi bedanya, sy mengalami flek dan sodaraku tidak, meski begitu, itu tetap memberikan aku semangat untuk tetap bertahan. pada smuanya, sy mohon doanya ya, smoga cln bayiku dalam kead baik sj.

    • senandungcintaku Said:

      hai mba … maaf baru bales. gimana kehamilannya?

      • Rizqi Said:

        alhamdulilah mb, ketika cek ke dokter lg waktu d usg terlihat calon baby nya dan kata dokter normal sesuai umurnya. aduh mb rasanya sueneeeeeeeeengggggg buangeeeeeeetttttttttt
        langsung berucap syukur alhamdulillah kpd Allah. kata dokter meski waktu itu d usg masi blom keliatan, katanya masi bs ditunggu lg, bgitu penjelasanya tp alhamdulilah uda ada ade bayinya. setelah itu saya mabok berat, sehari bs muntah 10x, hampir 2 mgu saya ga masuk kantor. tp trus dikasi obat mual, alhamdulilah skrg uda bs ngantor lg. rencana snin depan mau priksa bulanan, skrg uda jln 3 bulan. doain ya mb smoga lancar, ibu dan bayinya sehat hingga persalinan.amin

  19. niken febrianti Said:

    Assalamu’alaikum…

    Saya juga lagi harap-harap cemas nih…deg-degan banget. Hasil USG tanggal 12 Juni kemarin, di usia 6 minggu HPHT kata dokter kantung janin sehat, tapi janin belum tampak. Diminta kontrol lagi sebulan ke depan. Kata dokter klu bulan depan ga ada tanda-tanda kehidupan janin juga, berarti ada yang tidak normal…Duuh, mudah-mudahan the best result yang saya dapat, saya belum brani ngebayangin yang terburuk. Tapi mudah2an bisa terima apapun yang diputusin Sang Maha Sutradara, apalagi saya mungkin tidak separah teman-teman yang mpe 6x di vonis BO.

    Wassalamu’alaikum…..

  20. denny Said:

    istri saya gak tahu kena penyakit apa, yang jelas umur kandungan istri saya udah 7 minggu dan divonis tidak normal, karena normalnya hasil USG GS harusnya lebih besar dari yang sekarang dan ada janin didalamnya, tapi hasil yang istri saya terima kemarin lingkarannya lebih kecil dan belum terlihat ada janinnya, dokter bilang dikiret aja, si dokter itu tanpa bisa jelasin panjang lebar (nama penyakitnya apa, kenapa bisa begitu,dll) asal main kiret aja, waktu saya minta solusi pun si dokter tetep jka bilang gak ada peluang dan harus dikiret, kayaknya dokternya jelek, namanya Dr. Sahat, bertempat di RB Sumber Bahagia / Tlogosari semarang, fuuuhh.. :(
    akhirnya saya dan istri saya putuskan untuk test ulang seminggu kemudian (lihat info di mbah google kalo ukuran kantong rahimnya masih kecil memang janin belum tampak),
    Saya masih merasa didalam perut istri saya ada tanda2 pembetukan janin normal cos tidak ada gejala2 yang aneh kayak pusing, sakit didaerah kewanitaan, pendarahan, dll.
    saya mohon doanya yah dari semuanya agar bisa normal dan sehat, amin.

  21. Anna Said:

    Asslm..Buat ibu2 yg pernah BO tetap bersabar y & smga kehamilan berikutnya baik2 aja. Saya jg pernah BO pd kehamilan pertama & dikuret. 3 bln pasca kuret saya hamil lg,tp pd saat usia kehamilan 8 minggu janin blm terlihat. Sempat cemas jg krn pengalaman hamil pertama BO,tp Alhamdulillah janin sdh terlihat pd usia 11mg & skrg kehamilan saya sdh memasuki bln ke-9. Do’ain mga persalinan nti lancar2 y

  22. scha Said:

    ass.wr.wb..
    dear smwa..
    mw curhat smbl H2C,minggu lalu istri saya di vonis BO pada janin berumur 8 mgg,dan dktr blg sgera di kuret,tp sy ga mw,n cri 2nd opini,pndh dokter akhir nya beliau said bisa di pertahankan,tunggu smpai 2 mingu (dktr mmberi obt duphaston n folamil genio),
    tpi sudah 10 hri istri saya mengeluarkan bercak darah (bukan pndarahan),spt mens mw habis.
    normal kah mnrt temen2?
    mudah2an minggu berikut our baby keluar dari ngumpet nya…
    thanks all?

    • senandungcintaku Said:

      maaf saya baru sempet buka blog ini. bagaimana kelanjutannya ya?

  23. nenny Said:

    setelah membaca pengalaman tmn2 smua,aq jd semngat lg.btw aq baru saja dikuret tgl 15 okto yang lalu karna BO.renc nya mo tes darah karna kemungkinan penyebabnya ada virus,kira-kira kpn waktu yg tepat aq periksa darahnya ya?

    • senandungcintaku Said:

      hai mba,

      dokter tak menyarankan kah kapan saat untuk periksa darah nya?

  24. wulan Said:

    wah…wahhh….akhir ny keputus asaan aq mdengar comment tmn2 smua bs mrasa bwt aq spt blk ceria lg….mdh22n yachhh….
    tp gmn pun aq ttp mw berbagi pngalamn jg ma tmn2 smua…1mggu yg lalu aq di diagnosa DSOG klo kehamilan q kosong di usia kandungn 10mgg n ga bkembang,,tp aq n suami ttp ga pcy krn usG ptama n kedua wktu kehamilan usia 1-2bln di usg janin q tampak n sehat.lalu kmi mcoba 2nd opinion to usg ke dsog lain tnyata kndungan q emg kosong n cm tdpt plasenta….duhh ht q periih bgt mdngar kptsn dokter klo aq msti di kuret….krn ini khamilan ptama q n kmi bdua bgtu mnanti khadiran buah ht kmi…tw nya janin q gada….

    mnurut mbak gmn ya ttg kehamilan q ini…apa mungkin diagnosa usg ptama n ke2 slh……sbnr ny BO ini pnyebab ny apa seeehhhh……….kok smpe tega gni BO bwt ank q hlg….apa btul stelah 2 bln brikut aq bs hamil lg n apa bs bo cm mkn obt n ga di kuret…..bingung…sediiiihhhhhhh …campur baur deeeeehhhhhh

  25. Esty Said:

    Aduh senengnya ada yang bisa dicurhtin tentang BO. Gini mbak.. 3 bulan lalu saya baru menikah dan ini kehamilan pertama. Usia kandungan saya sekarang ini 9 minggu.. waktu kandungan usia 5 minggu sempat di USG dan hasilnya calon janin saya sehat, ukurannyapun normal. Tapi setelah 9 minggu ini saya USG ke dokter yang berbeda n dokter menyatakan janin saya tidak berkembang, hanya titik putih. Tidak terlihat seperti umur 9 minggu… saya ngeri apakah saya terkena blighted ovum? tapi khan saya tidak pernah perdarahan… kalau riwayat flek memang pernah ada sekitar 4 harian di awal Desember kemarin. Itupun flekny coklat seperti noda, cuma 1 hari saja yang fleknya agak pekat dan kasar seperti ada granulnya, tapi saya pikir saya cuma kelelahan dan akibat saya berhubungan badan. Ada pengaruhnya gak ya pada kasus ini mengingat saya setiap hari kerja PP bawa motor dengan jarak 18 km, bolak-balik jadi 36 km..

    • senandungcintaku Said:

      karna saya bukan dokter … ga berhak njawab mba, takut salah.
      yg jelas, sebaiknya sih mengurangi aktivitas2 sperti itu. takutnya kecapean mba.

  26. eny subiyanti Said:

    Lebih ringan rasanya beban, setelah melihat banyak temen yang pernah mengalami BO. saya dah punya anak 1 umur 7 tahun. 4 tahun lamanya tidak KB untuk program anak ke 2, tetapi Allah punya rencana lain setelah tahu positif hamil umur 12 minggu setelah pendarahan dan usd transvaginal aku dinyatakan BO dan harus di kurete. sedihh.. tapi harus ikhlas yaa.. ( Salam kenal dari Eny di Pangkalan Bun Kal-Teng)

    • senandungcintaku Said:

      sabar ya mba … smoga cepat diberi pengganti nya …

  27. Anda Said:

    Dear all,
    Aku jg mau share pengalaman. Sebulan lalu aku jg di diagnosa b.o. Pd kehamilan 8 mgg. Wkt itu aku dikasih obat gastrul sm DSOG-ku. Sejam setelah minum obat, keluar perdarahan. Stlh 3 hr udah sisa flek2. Aku di usg lg dan katanya rahim udh bersih shg tdk perlu d kuret. Kata dokterku, aku udh bs hml lg stlh 1 siklus haid. Kr jk udh haid berarti fungsi reproduksi qt udh berjalan lg. Mau hml atw ga, tergantung kesiapan mental kita.
    Kt dokterku, penyebab b.o antara lain: kelainan kromosom, kualitas sel telur atw sperma yg tdk bgs, atw virus.
    Namun b.o biasanya tdk mempengaruhi kesuburan. Biasanya wanita dg b.o dpt hml lg dan kehamilanx sehat.
    Smg sharing ini berguna bg kita semua.
    Tetap semangat!
    God bless u all :-)

  28. lia Said:

    Hi..slm kenal…tgl.9 jan 2010 kmrn sy ktrl ke dktr hsilnya dr perhitungan tgl haid seharusnya usia khamilan dah 10 mggu tp hsl USG cm 8 mggu dan tdk terlihat janin…pdhl wkt usia 6 mggu sy jg USG dan tidak hal yg mengkhawatirkan….tp skrg mlh di vonis BO??? keesokan hrnya tgl.10 jan terjadi flek meskipun sedikit sy pun bersikeras ke mencari 2nd opinion dgn harapan kali aja dktr yg sblmnya slh diognosis,11 jan pun menemui dktr lain dan hslnya sama bahwa sy BO dan tlah terjadi reruntahan janin makanya terjadi flek2…hmmm ini khamilan ke 3 setelah putra n putri sy lhr normal….apakah krn khamilan yg ke 3 ini usia sy memasuki 37 thn mknya terjadi BO,??hrskah kurektase??? krn sy paling trauama dgn”operasi”..\??? msh ingin sih hamil lge tp apakah hasilnya nanti tdk seperti ini lg meningat usiakua??? mash perlu kah mencari 3rd opinion meskipun sdh terjadi flek2???? mksh sebelumnya

  29. gessi Said:

    Helow mba..
    maw minta opini mba niy yang pastinya lbh paham daripada saya yg masiy ‘beginner’ :)
    Pada usia kandungan berapa sbenernya janin bisa dikatakan ‘aman’ dari BO ini, biasanya kan pada janin usia muda masiy bisa dilihat dari perkembangannya yg ada atau tidak ada ya? Nahh…setau mba pada usia janin berapa tuh mba janin ini bisa dikatakan ‘steady’..?

  30. dudi Said:

    salam..
    istri saya divonis keguguran krn kematian mudigah pd akhir november thn lalu, apakah ini sama dgn BO? dokter sendiri tdk bisa memastikan penyebabnya, krn pd saat usg (usia kehamilan 9 minggu) si janin dinyatakan sudah meninggal seminggu sebelumnya. jd sudah tdk bisa lg dianalisa jaringannya utk mengetahui penyebab keguguran tsb. akhirnya istri menjalani operasi curet. hingga saat ini belum hamil lagi, krn kami ingin memastikan bhw kondisi kami sehat dan siap utk program kehamilan lagi. tes apa saja kira2 yg perlu dilakukan oleh kami berdua? terima kasih atas masukan yg diberikan.

    • senandungcintaku Said:

      coba dikonsultasikan dengan dokter pak. kalo dulu saya hanya tes hormon. di hari ke 7 dan hari ke 21 yaitu hormon FSH, LH, prolaktin, estradiol, lupa apalagi :D. ada ko postingan saya ttg ini.
      untuk tes HcG untuk mengetahui ada penyumbatan atau tidak dirasa tidak perlu oleh dokter kandungan saya, karna pernah terjadi kehamilan.
      mungkin itu saja masukan saya

      • dudi Said:

        terima kasih atas infonya. mengenai tes hormon di hari ke-7 dan ke-21, itu dihitungnya sejak kapan ya, mbak? btw setelah tes hormon2 itu, menurut dokter bgmn hubungannya dgn kasus BO sebelumnya?

      • senandungcintaku Said:

        dihitung sejak hari pertama haid. hmm …. untuk kasus saya BO dicurigai karna terjadi antibodi terhadap sperma. jadi stlah terapi untuk menurunkan antibodi, dicek keseimbangan hormon. Alhamdulillah waktu itu seimbang hormon2 nya. jadi dilanjutkan dengan program saja.
        hubungan tes hormon dgn kasus BO saya belum pernah dapat info nya pak.

      • gessi Said:

        mba.. tp sekarang dirimu dah hamil ya? dah berapa bulankah? boleh tau nama dokter obgyn mu ngga? en prakter dimana? thx.. :)

      • senandungcintaku Said:

        aku dah lahiran mba. anakku dah 8 bulan skarang. itu ada fotonya nangkring. he he he ,,,
        dulu aku ditangani sama dr. Otamar Samsudin, Sp.OG. praktek di RS MMC, RS Sammarie – wijaya 1 kebayoran baru, RS Asri – duren tiga.

  31. picha Said:

    Dear All,

    Terima kasih banyak untuk comment mengenai BO ini, karena Selasa kemarin (9 Mar10) aq baru saja dikuret karena BO tersebut, awalnya aq dan suami sangat bersuka cita karena terlambatnya datang bulan saya walaupun di testpack hasilnya negatif tapi setelah ditest oleh Dokter aq dinyatakan hamil, pada saat aq bed rest selama 2 minggu pada umur kehamilan 6 minggu (karena kondisi kehamilan lemah) aq mengalami flek walaupun hanya 1 titik, ternyata flek tersebut terus menerus keluar dan aq dinyatakan janin kosong oleh DOkter yg tugas saat itu, dan tidak ada kehamilan, aq dan suamiku sangat sedih karena ini merupakan kehamilan ku yg pertama yg telah kami tunggu selama 10 thn, luar biasa sedihnya, tp aq tabah dan tetap menjalani proses agar kami dapat diberikan kesempatan lagi, sedikit sharing agar dapat melegakan perasaan kami .. wass

  32. Salbiah Said:

    Salam kenal…….& mau ikutan dong!:D
    Anakku udah 1 usianya kini 4,5th. Bulan Januari 2010 aq juga dikuret karena dokter memastikan bahwa kehamilanku yg ke 2 BO. Seminggu kemudian aq kontrol dan ternyata masih ada sisa kehamilan di dalam rahimku alias kuretnya masih belom bersih. Dokter menyarankan agar dikuret kembali. Akhirnya aq dikuret tuk yg ke2xnya. Kontrol kembali seminggu setelahnya. Dan hasilnya bagus (bersih). Dokter bilang kalau mau hamil lg tunggu sampai 3x menstruasi (3 bln) sampai keadaan rahim normal kembali. Tapi……..qo’ sudah hampir 2bln berlalu , semenjak habis dikuret aq blm menstruasi lagi yaa? Aq &suami rencananya mau konsultasi kembali ke dokter. ya…. mudah2an gak ada sesuatu yg perlu dikhawatirkan. Tolong do’ain ya mba,…….

    • mutayasa Said:

      salam kelanal.. teman-teman semuanya, kemarin istri ku juga habis “kiret” karena kehamilannya tidak ada perkembangan setelah 11 minggu… Dokternya bilang BO, setelah kejadian itu, yang ingin aku tanyakan apakah hal tsb bs menimpa untuk ke 2 kalinya, apakah ada usaha-usaha yang harus dilakukan? sehingga bisa hamil sungguhan…. Terimakasih

  33. ade rifki Said:

    Hallo mba, ikutan nimbrung ya… thread yang sangat bermanfaat, sudah bertahun-tahun tapi masih layak diperbincangkan.

    Sekedar sharing, Istri saya juga divonis BO setelah masa kehamilannya mencapai 10 minggu. Kami telah konsultasikan ke dua dokter di RS yg berbeda, namun hasilnya tetap menyedihkan, istri saya tetap divonis BO.
    OLeh dokter yang pertama, kami diminta untuk kembali, sekedar emmastikan bahwa janin istri saya memang tidak berkembang. Mungkin kami putuskan agar lebih baik dikuretasi unutk menjamin optimalisasi pembersihannya, dan dengan tindakan tersebut, kami bisa tahu dan mendiagnosa akibat dari BO tersebut. Doakan kami unutk emndaptkan yang terbaik dari yang Kuasa Ya Rabb. Tks

  34. nisa Said:

    seneng jg…ada temen2 seperjuangan disini….bisa menambah motivasi….;)
    kmrn sabtu aq jg abis kuret,krn BO…..minggu lalu aq periksa d dokter lampung,dengan usia kehamilan 8 minggu,janinku blm kliatan sama sekali….disamping itu,kantong kehamilanku sedikit lepas dr dinding rahim jadi ada pendarahan dirahimku (kata dokternya bs diakibatkan makanan ato guncangan,mengingat aq sering pp lampung-jkt hmpr tiap minggu) …..tp,aq ga ada pendarahan ato flek2 sama sekali,cuma kalau buang air kecil agak2 perih…mungkin itu krn pendarahan d dlm…..trus kamis kmrn aq periksa lagi d hermina bekasi,dokternya pun bilang hal yg sama….akhirnya….pas usia kehamilan 9 minggu di kuret…..sediiihhh bgt yg pasti…apalagi ini kehamilan pertama….alhamd suami tetep sabar n tabah….jd ngebuat aq kuat jg…..minggu depan hasil dr kuretnya baru ada….baru akan diketahui sebabnya…..pas periksa si,kata dokternya dibilang ini bukan karena kecapekan ato virus,tp lebih karena kondisi sperma n ovum pada saat pembuahan tidak dalam kondisi maksimal ato fit….

    buat bunda2 yg laen yg mengalami hal yg sama…..tetep semangaaaat y buuunnn……mdh2an masih di beri kepercayaan d lain waktu oleh Yang Diatas……(memotivasi untuk diriku jg ;p)

    hihihihi….jd curhat gini….

  35. acha Said:

    Dear all;

    ikut share ya mba.. Makasi bwt tulisan2 di blog ini. Setidaknya bisa menguatkan aku yang jg abis mengalami BO diusia kehamilan 9 minggu. Sempet sedih sich, but it must be best. Aku BO feb’2010. Dikuret n sudah dapet haid 2 bln ini, tp haidku kacau setelah kuret. Udah di usg lg, rahimku bersih. Kata dokterku, itu mslh hormonal. jd q dikasi obat pembentuk siklus haid aja. Ada yang pny pengalaman haid kacau setelah kuret?
    thanks ya..

  36. an9elita Said:

    saya sedang hamil.usia kehamilan saya baru 6 minggu.hingga saat ini janin blm terlihat,tetapi kantungnya membesar.saya bingung apakah ini BO atau bukan.apakah saya harus coba dokter lain???? karena saya ragu dengan hasil yang hanya di cek tiap minggu.

  37. yanti Said:

    salam kenal mba, aku mau sharing dikit
    sebelum kelahiran anakku, pada usia kandungan 2 bulan, dokter memvonis aku blighte ovum mba, dan minggu depannya harus dikuret apabila tdk terjadi pendarahan, rasa sedih n kecewa campur aduk mengingat aku dapetin anaknya susah lo mba, pake terapi PLI.
    udah terlihat hasilnya kok jadi malah begini.
    suamiku lebih terlihat pasrah, mgk emank belum rejeki kita buat punya anak katanya, tapi aku ga mau nyerah mba, selama blm ada darah keluar berarti janinku masih ada, wkt itu terpikir utk tlp dr yg menangani PLI ku, secepatnya aku disuruh dateng untuk diinfus, yg aku baca dan msh inget sampe sekarang yg diinfuskan obatnya bernama venimun, minggu depannya aku periksa ke dr kandungan lain, ternyata janinku ada walaupun kecil, Puji Tuhan mba sekarang anakku udh berumur 5 tahun. yg aku baru tahu skr krn lebih byk browsing internet untuk mengetahui seluk beluk PLI krn aku sedang mengusahakan anak ke 2, buat pasien terapi PLI be carefull kalo sdh terjadi kehamilan, krn resiko blighted ovum sangat tinggi, sewaktu-waktu antibody kita bisa tinggi lagi dan menolak janin kita, jd saranku lebih baik tetap kontrol ke dr PLI, jangan seprti aku dulu, langsung lepas ke dr kandungan begitu tahu hamil.

    • floe Said:

      dear yanty… PLI itu apa yah?? Sekarang saya juga lagi hamil 8minggu, dari kehamilan 6minggu dokter sdh memfonis BO akhirnya kami cari 2nd opini dari dok lain dan jawabannya juga sama… Ahkirnya dok suruh tunggu 1minggu lg utk melihat janin nya, karna sampai sekarang aku tdk ada pendarahan. Aku juga berfikir sama seperti kamu, selama tdk ada pendarahan aku tdk akan mengkuretnya. Ini kehamilan ke 3, kehamilan 1-2 aku BO juga (sedih rasanya sampai hrs terulang) tp pd kehamilan 1-2 itu selalu terjadi pendarahan diminggu ke-7… Mudah2an minggu dpn saat di USG janin nya terlihat.

      • fetra Said:

        mba…ikutan sharing yaa..baru baca n ktemu blog ini,,trus gmn mba khmilannya yg ketiga ini?udh priksa lab blm?kbetulan sama dgn pngalamanku.2X kehamilanku BO baru 2 bln yg lalu aku kuret… tq ya mba udh mo sharing…

  38. Rita Said:

    Salam kenal semuanya comment2nya mantapzz sekali dan sebagai salah satu pengalaman buat saya 2 minggu lalu saya divonis BO sama dokter. ini adalah kehamilan pertama saya rasanya sedihh banget, tapi saya merasa apapunn itu pasti Tuhan memiliki rencana yang lain buat saya dan suami. Sabtu ini saya akan melakukan USG kembali apabila janin saya tidak nampak juga maka dokter menyarankan untuk melakukan kuret, tapi sampe usia kandungan saya saat ini menginjak 7 mingguan saya belum mengalami pendarahan. Apakah saya boleh menaruh setitik harapan bahwa janin saya masih ada dan saya g ingin dikuret dulu. Saya masih bimbang dan berharap ada keajaiban bagi saya dan suami dan juga janin saya….

  39. Rita Said:

    Ini kehamilan saya yang pertama bagi saya, dan saya divonis BO oleh dokter ketika kandungan saya menginjak 7 minggu, terus terang saya sangat sedih dan setelah saya melihat coment temen2 saya merasa semangat kembali, bahwa mungkin saja ada setitik harapan yang akan terjadi. Apakah saya harus kuret seperti anjuran dokter apabila setelah USG masih belum kelihatan janinnya (saat ini kandungan saya sudah jalan 8 minggu) padahal hingga saat ini saya tidak terjadi flek maupun pendarahan????
    Buat temen2 seperjuangan berilah saya solusi atas permasalahan ini….

    • Rizqi Said:

      yang sabar ya mb rita, sy dulu jg bgitu. cb cek ke dokter lain, mdh2an janinnya sdh kelihatan. sy dl jg di vonis BO bhkn lgsng mau dikuret, tp sy bertahan n bdoa. sminggu kmdian sy cek k dokter lain alhmdlh klihatan, skrg anak sy sdh hmpr usia 6 bln. kt dokter jg kalaupun BO tdk dikuret, pd usia 3 bln akan luruh sendiri (kata dokter jg kalau berani, krena katanya pendarahannya ckp banyak, bgitu). yg sbar ya mb, bdoa trus jgn lp. smga 4jji memberikan yang terbaik. amin

      • Rita Said:

        makasi yahh tapi akhirnya memang janin g bisa dipertahankan setelah saya mengalami pendarahan yang cukup hebat… tapi terus terang saya sangat berterima kasih kepada semua yang ada disini karena melalui comment2 ini saya menjadi kuat dan tidak merasa sendirian plus binggung makasih banget yahhh

  40. Rizqi Said:

    yang sabar ya mb rita, sy dulu jg bgitu. cb cek ke dokter lain, mdh2an janinnya sdh kelihatan. sy dl jg di vonis BO bhkn lgsng mau dikuret, tp sy bertahan n bdoa. sminggu kmdian sy cek k dokter lain alhmdlh klihatan, skrg anak sy sdh hmpr usia 6 bln. kt dokter jg kalaupun BO tdk dikuret, pd usia 3 bln akan luruh sendiri. yg sbar ya mb, bdoa trus jgn lp. smga 4jji memberikan yang terbaik. amin

  41. dewi Said:

    mbak, saya dewi boleh gabung ya mbak. saya pasien dokter otamar juga, waktu kontrol pertama saya bisa mendengar detak jantung janin diusia kehamilan 8 minggu dan janin sudah nampak dengan ukuran normal setelah kontrol kembali usia janin 10 minggu kok detak jantung janin tidak kedengar dan ukuran janin hanya naik sedikit,saya masih diminta menunggu 2 minggu lagi mbak untuk melihat perkembangannya oleh dokter tam tam, saya dikasih obat untuk pengencer darah dan suami diminta test sperma lengkap untuk diliat anti body nya..saya cuma berpikir baby saya tidur waktu di USG dan dokter gak bisa denger detak jantungnya karena babynya pules bobonya (membesarkan hati mbak karena ini anak pertama saya mbak) mbak karena sebelum diperiksa saya baru makan…moga2 tidak ada apa2 ya mbak dengan baby saya

    • Rita Said:

      Mba jangan sampe g makan yahh.. karena kemaren saya sempat turun 1.5 kg itu kemungkinan janin kita g berkembang dan kurang asupan gizi. terus yang paling penting jangan makan indomie ……karena g bagus buat janin

      • dewi Said:

        mbak rita, 2 minggu lalu janin dewi bener2 dah meninggal dan dokter tam tam kasih obat untuk dikeluarkan dan sekarang sudah bersih, hasil diagnosa dokter kalo anti body saya tinggi dan saya kudu PLI 3 kali mbak, cuma suami kudu pra ILS dulu sebelum saya ikut PLI mbak,sedih mbak ini kejadian yg kedua saya harus kehilangan calon baby mbak, tapi semua pasti ada hikmahnya buat aq ya mbak, mohon doanya moga2 Alloh segerakan beri aq titipan lagi ya mbak, moga dengan perantara dokter2 yg ngebantu saya segera dikasih titipan lagi, amin.

      • Rita Said:

        iya mba saya juga mengalami 2 kali keguguran tapi dibalik ini pasti ada hikmahnya…. semoga saya dan mba segera diberi kepercayaan lagi untuk memiliki momongan yahh…. Dan mudah2an kedepannya klo kita hamil lagi dapat dijaga dengan baik…

  42. Yeni Roselawaty Said:

    gabung doonk..
    q baru satu minggu di kuret cozy hasilnya BO, itu tepatnya tgl 03 July 2010. aduuuh sedih banget d”……..sempat ribut sama suami cozy q cuma sediiih az bawaannya mana harus nunggu 3 bulan lagi u/ hamil…

    • Rita Said:

      sama mba tapi saya sudah hampir mau sebulan, itu memang harus supaya rahim kita sehat kembali n siap hamil….

      Semoga dibalik semua ini ada hikmahnya… justru dengan musibah ini kami sedang diuji jadi mba n suami harus kuat dan jaga diri baik2 supaya siap untuk kembal hamil….

  43. Rita Said:

    3 minggu kemaren akhirnya saya mengalami pendarahan hebat setelah mules dari jam 12 malam hingga jam 7 pagi dan janin juga tidak bisa dipertahankan. sebelumnya janin sudah nampak namun janin ku tidak berkembang semestinya karena usia kehamilan saya mencapai 3 bulan namun janin masih sepeerti 6 bulan.
    Walaupun keguguran saya dan suami mengambil hikmah dari semua ini dan ini bener2 pengalaman yang berharga buat kami… terima kasih atas semua info yang saya terima melalui comment temen2 saya akan berjuang lagi untuk persiapan kehamilan saya berikutnya. Semoga pengalaman kali ini bisa membuat saya lebih berhati2 dikehamilan berikutnya…. Ty all….Di kehamilan berikutnya saya akan ikut sharing lagi disini

  44. Rita Said:

    Klopun janin bisa dipertahankan kata dokter kemungkinan besar lahirnya sang bayi prematur dan cacat. saya telah konsultasi dengan 2 dokter… akhirnya memang si janin juga tidak berjodoh dengan kami… dan kandungan saya juga memang sangat lemah yang penting jangan d makan indomie dan usahakan jangan sampe turun berat badan kita karena itu petanda janin g berkembang…semoga pengalaman ini berguuna buat semuanya….

  45. Eqna Said:

    Punten, numpang gabung ya Mbak2 Mas2…
    saya mau tanya, mungkin ada yang bisa memberi pencerahan, karena saya rasanya hampir blank.
    haid terakhir saya tgl 10 mei 2010
    saya ingat jg berhubungan sekitar tgl 26-29 mei 2010
    juni minggu ke-2 saya testpack alhamdulillah positif, hasil usg juga bagus
    tgl 1 Juli 2010, kontrol ukuran janin normal, tgl 21 juli kmrn periksa lagi, menurut dokter ga berkembang, seperti janin usia 8 mingguan, dan dokter langsung memvonis tidak ada harapan harus segrea dikuret seminggu lagi.
    Sekarang saya sedang sedih dan bingung, apakah kira2 ada harapan untuk janin saya ini ya?
    terima kasih sebelumnya

    • senandungcintaku Said:

      2nd opinion mba, mungkin bisa melegakan. dulu saya juga ngotot untuk 2nd opinion ko sampe akhirnya pada keputusan untuk harus diluruhkan.

      • eqna Said:

        makasiy ya mbak…berarti sepertinya memang harus cari 2nd opinion ya..beberapa teman juga menganjurkan demikian. dalam konsul 2nd opinion nanti, etis ga ya/boleh ga ya? kita cerita bahwa sebelumnya sudah ada rekomendasi kuret dari dokter pertama? apa dokter kedua-nya ga marah ya…maksud saya cerita kronologis dll, agar dokter ke-2 punya gambaran yg lebih jelas tentang kondisi kandungan saya.
        Apa ada pengalaman juga, yang biar sudah direkomen utk kuret, tapi ada tindakan pemberian obat/hormon, akhirnya bisa berkembang bagus dan normal? saya sendiri tidak diberi obat/hormon apa2 setelah vonis tdk bisa berkembang itu…
        salam…

      • senandungcintaku Said:

        kalo pengalaman saya mba, saat 2nd opinion bahkan 3rd opinion smua saya critakan kronologis dari awal mba. biar dokternya juga jelas.

        hmm, pengalaman dokter saya, katanya ada pasiennya yg dibilang janin ga berkembang, tapi ga dikuret, pake obat aja. 2 minggu kmudian janin nya nampak mba. sehat juga. lahir slamat dan sehat ko.

        jadi positif thinking aja ya mba ….

  46. dewi Said:

    tes tes tes

    • senandungcintaku Said:

      accepted! … memang harus melalui proses approval dulu mba. trimakasih telah berkunjung

  47. febry az-zumar Said:

    ikutan gabung ya… akhirnya aq bisa ketemu teman2 yg senasib.. aq kira aq aja yg mengalami BO. 3 minggu yg lalu aq baru melakukan currate pada usia kandungan jalan 10 minggu. rasanya shock banget ngedenger berita dari dokter klo kita di vonis BO. padahal pada masa2 hamil aq tidak mengalami tanda2 flek or pendarahan.. cuma ngidamnya aja yg sedikit parah, karena muntah2 yg berlebihan dan tidak mau makan.. pada saat currate berhubung rahimnya blm mau ngebuka, jadi aq di pasang Laminaria buat merangsang mules n kontraksi. setelah di currate, aq ngerasa perut aq suka nyeri, itu karna apa ya??
    aq boleh minta rekomendasi dokter2 kandungan yg terbaik ndak dari temen2 smua.. coz 2 dokter kandungan aq yang terdahulu kurang begitu komunikatif dengan pasiennya.. klo kita gak nanya, pasti mereka gak akan menjelaskan.. padahal kemarin itu kehamilan aq yg pertama dan aq sedang butuh banyak informasi..
    mksh ya temen2.. aq jadi gak merasa sendiri.. melihat teman2 bersemangat, aq juga bersemangat lagi untuk cepat hamil..

  48. charmedcouple Said:

    Hi semua..aku icha. mau sharing juga disini. dua minggu lalu aku baru aja dikuret. kronologisnya waktu minggu ke-6 aku sempet keluar flek. setelah bedrest 1 minggu, aku kembali kerja selama 1 minggu, ternyata keluar flek lagi, dan akhirnya hrs bedrest lg. di usia kandungan 8 minggu aku diberi tahu kemungkinan blighted ovum. tapi masih diminta tunggu sampai minggu ke 9. tapi keesokan harinya flek tambah banyak, bahkan sampai berwarna merah. pas cek ke dokter divonis BO dan harus langsung kuret keesokan harinya. sedihnya bukan main..maklum ini calon anak pertama. yang bikin sedikit nyesel, aku ga sempet cari 2nd opinion, mgkn krn terlalu sedih n panik. jadi ga bisa berpikir jernih..
    Sekarang diminta tidak hamil dulu selama 2 bulan.selain itu aku dan suami harus menjalani tes darah & sperma. mudah2an hasilnya bagus. terus apa bener kalo kasus BO itu kemungkinan bersar berulang pd kehamilan berikutnya? thank u.

  49. botoh Said:

    mba, aku mau tanya, kalau dr.otamar spog khusus apa ya? karena setau aku di rs.asri yg di jl. duren 3 ada jg praktek dr.enud….dia spog jg tp spesialis inseminasi buatan. oya, aku jg mau cerita….aku saat ini sedang bed rest 2 minggu hari karena ada flek….. saat ini sih fleknya sudah tidak ada…..dan aku ada janji untuk kontrol lagi ke dokter stlh 2 minggu ini….. cuma yang aku takutkan jika pada saat aku kontrol nanti jantung janinku tetap tidak ada…karena waktu aku ke dokter sblmnya dia bilang detak jantungnya hilang, tp dokter tidak mau lgsg kuret….dia bilang kalo aku suruh bed rest dan coba 2 minggu lagi….barangkali detak jantungnya ada lagi. Apakah teman sekalian di sini ada yang pernah mempnyai pengalaman spt aku? mohon sharingnya?

  50. botoh Said:

    mba, aku mau tanya, kalau dr.otamar spog khusus apa ya? karena setau aku di rs.asri yg di jl. duren 3 ada jg praktek dr.enud….dia spog jg tp spesialis inseminasi buatan. oya, aku jg mau cerita….aku saat ini sedang bed rest 2 minggu hari karena ada flek….. saat ini sih fleknya sudah tidak ada…..dan aku ada janji untuk kontrol lagi ke dokter stlh 2 minggu ini….. cuma yang aku takutkan jika pada saat aku kontrol nanti jantung janinku tetap tidak ada…karena waktu aku ke dokter sblmnya dia bilang detak jantungnya hilang, tp dokter tidak mau lgsg kuret….dia bilang kalo aku suruh bed rest dan coba 2 minggu lagi….barangkali detak jantungnya ada lagi. Apakah teman sekalian di sini ada yang pernah mempnyai pengalaman spt aku? mohon sharingnya?

  51. ari Said:

    hari ni q di vonis BO, setelah minggu ke-7 sedih bgt rasanya. Semua keluarga sgt berbahagia menunggu bayi kami. Dan sore ni mau ngejalani kuret….memang dari awal periksa dokter bilang kurang bagus, kebetulan pas kena tipes juga. Nah, kmrn ngeflek selama 4 hari…setelah di USG mang janin g berkembang sama sekali. Mungkin ini yang terbaik dari Alloh, dan q yakin Alloh pasti akan segera memberi ganti yg jauh lebih baik. Amin.

  52. luli.pku Said:

    Ikut gabung ya mbak,aku skrng lg hamil k2 usia 8mnggu,smlm knrtol k2 dan d duga BO lg,dktr anjurkan 1mngu lg balek kntrol?,pdhl kntrol 1 khmln 6mnggu hsil usg baik,dah nampak kntung ny,dan slama ini ga ad pndrhn.skrng aku lg H2C mnunggu mnggu dpan,krn msih ad sdkit trauma dg khamilan prtma yg kjadian ny jg persis sama dg khmln skrng,d suruh kuret atw d luruhkan,tp aku n suami ga mau krn sngt brhrp ank prtama,saking brhrp ny sampai 4 dr.spog kami.vonis ny ttp sama,tp akhr ny d usia 12mnggu luruh jg dg sndri calon bayi ku,2hri aku mnangis saking sedih ny,2 bln kmudian alhmdllh aku hml lg,tp kbhgian itu brgnti kcmasan lg,tp aku msih ttp brhrap yg ini ad mukzizat dri allah klu clon bayi ku baik2 aj,mga2 mnggu dpan calon bayi ku dah nonngol d usg..,amin..,

    • Rita Said:

      semoga kehamilanya kali ini lancar yahhh

  53. dewi Said:

    Tadi pagi istriku di vonis BO karena setelah di USG dokter bilang kantung janinnya ada dan sedikit lebih besar tapi tdak ada janinya belum dopller sih dokter menyarankan periksa lagi setelah 10 hari istri saya tdak tau usia kehamilanya berapa minggu secara dia mestinya tgl 10 oct haid tgl 14 oct ditestpeck positif kira2 dia udah hamil berapa minggu ya dan setelah berapa minggu kehamilan dokter memvonis BO istri saya tdk ada flek2 cuma mual kadang2 kram dan sakit pinggang mungkin ada yg bisa share apa yg narus dilakukan harus menunggu apa memang belum bisa terlihat janinya ya terima kasih

  54. niken Said:

    tgl 13 desember 2010 aq dikuret, setelah sebelumnya di vonis 2 DSPOG di kotaku aq mengalami BO. awalnya saat periksa di usia kehamilan 8 minggu blom tampak janinnya. aq mulai resah gelisah. saat usia kehamilan 12 minggu aq kembali periksa & dinyatakan aq SAH mengalami Blighted Ovum dan harus dikuret. saat itu aq msh bs tersenyum di depan DSPOGqu sambil berkata “Kami belum beruntung ya dok?!”. setibanya dirumah aq langsung nangis mpe tengah malam. hancur bgt rasanya hatiqu, ini kehamilan pertamaqu setelah 2tahun menikah. Hanya teman2 yg pernah ngalami nasib sepertiqu yg bs ngerasain gmn sedihnya…

  55. rita Said:

    assalamu alaikum.
    ikutan gabung y..

    • senandungcintaku Said:

      waalaikumsalam ….

  56. retno Said:

    td mlm sy kontrol, sesuai dgn jadwal haid ptama sy sharusnya usia khamilan sy 8 mgg, tp tnyata di usg tbaca usia janin 6 mgg, ‘n tdk ada denyut jantungnya.dokter suruh aq kembali 2 minggu lg..jk tetep tdk ada pkembangan aq hrs kuretase. adakah saran yg lain…???

    • senandungcintaku Said:

      hai mba,
      coba tunggu 2 mgg dulu mba. biasanya memang ada yg 6 mgg belum kliatan detak jantung janin. saya dulu skitar 7-8 mgg baru kliatan.

  57. Rita Said:

    Sekedar sharing, setelah saya mengalami keguguran sudah setengah tahun lebih saya masih belum hamil juga
    apa ada temen2 yang bisa memberikan solusi
    mengingat usia saya juga sudah mencapai 3o tahun
    ty all

  58. eka Said:

    assalamu’alaikum moms…
    mau ikutan curhat boleh yah..
    Bbrp jam lalu saya lg dkntr,n tiba2 brsa ky ada yg keluar(ky mau mens gt),pas dpriksa darah n ky lendir gt.lgsg kaget n takut,n buru2 k RSIA Bunda.dktr yg nanganin meriksa dgn usg transvaginal n dlihat bntuk kntung yg tdak bulat smpurna,n kosong.dkter blg BO.
    Berasa ky dimatiin saklar gt,saya lgsg ngblank n kebingungan,prtama kdokter usia kndungan sudah 5mggu,n ok aj,n janin mmg msh blm trlihat. N tadi pemeriksaan ke 2 yah stlah tragedi td siang n usia kndungan sudah 10mggu.shrusny 2mggu lalu saya kontrol.brhubung tinggal sendri n jauh dr keluarga n suami,jd rada kerepotan utk kdokter.dokter menyarankan 1mggu lg dcek.
    Stlah baca2 comment moms smw rada tenang,cm sedih masih tetap.maklum ini kehamilan pertama.tapi saya masih brharap Alloh memberikan yg trbaik bagi saya n suami..mohon doa ny yah moms.mudah2an 1mggu ini ada kabar baik utk kandungan saya n moms lain yg mengalami hal yang sama.amien.
    Makasi blogny mb,stdkny saya tdk trlalu down.

  59. Key Said:

    assalam..
    salam kenal…liat blog ini jadi nambah motivasiku…kemarin tgl 7 april 2011 usia khamilanku 8 minggu HPHT, dan tepat di usia 8 minggu tsb aku ngalami flek2, oleh drspog aku disarankan bedrest total di RS. sebelumnya drspog tsb usg abdomen khamilanku tapi kyaknya dia bingung dg penegakan diagnosisnya mengingat usia khamilanku msi 8 minggu dan hanya terlihat kantong khamilannya aja. aku sendiri seorang bidan n aku tau tanda bahaya yang aku alami, slama 3 hari di RS aku gak flek sama skali, cm diberi preparat progesteron 400mg n asam folat untuk terapinya. 3 hari kmudian aku uda diijinkan pulang ma drspog dan sebelum pulang aku di usg ulang, aku uda brusaha nahan kencing saat usg krn hasilnya akan lebih jelas. tapi setelah di usg drspog tsb menjelaskan kalo khamilanku ini hanya mempunyai kmungkinan 20% untuk bertahan krn janinnya kmungkinan gak berkembang. aku ma suami langsung panik n bingung…apakah pnegakan diagnosis drspog tsb gag terlalu dini???mengingat usia khamilanku msi 8 minggu dan beliau menggunakan usg abdomen bukan transvaginal???2 minggu lagi aku disuruh kontrol ulang, aku ma suami brencana untuk cari 2nd opinion mengingat ini khamilan yg pertama bagi kami. temen ku jg punya riwayat yg sama dg ku dan smp usia 12 minggu janin blm kliatan tapi ternyata sampai usia 6 bulan khamilannya jg baik2 aja…aku ma suami terus berdoa n memohon smoga janin yg aku kandung bisa berkembang…masih ada ilmu yg lebih hebat dibanding ilmu kedokteran…smoga Allah mengabulkan harapan kami…Amien
    Wassalam

  60. natalia rudiyani Said:

    saat saya kontrol ke dokter yg ke 2x untuk periksa detak jantung karena kehamilanku uda menginjak 8 minggu.Waktu dokter memeriksa dengan doppler sekilas saya melihat raut wajah dokter beda, setelah itu dokter usg diperut, dan di usg juga transvaginal dan dokter menjelaskan bayi tidak berkembang sedih rasanya sampai tak terasa air mata ini jatuh berderai..dokter pun bilang sudah bu jangan ditangisi, sedih memang tapi memang kehamilan ini tidak bisa diteruskan karena tidak ada bayinya, saat saya bertanya kenapa bisa terjadi dok? bukakan hasil tes torch maupun hepatitis saya bagus semua dok? dokter pun bilang banyak faktor bu..ini yg terbaik bu misalpun ada bayinya tidak berkembang dengan baik akan lahir cacat, dokter pun bilang kalo ibu masih ga yakin ibu bisa datang lagi ato second opinion, pasti hasilnya akan sama. sepanjang perjalanan saya pun menangis tidak henti hentinya sampai esokpun saya masih menangis kalo teringat vonis dokter mengingat kehamilan ini udah saya tunggu selama 2,5 th. saat mengabarkan hal sedih ini ke mama dan saudara saudara perempuan saya mereka pun memberi dukungan yang begitu besar hingga menguatkan hati saya untuk melakukan kuret tapi sebelum melakukan kuret pun saya tetap melakukan second opinion dengan dokter lain direkomendasikan oleh adik saya agar hati ini lebih mantap. saat dokter ke 2 pun mengatakan BO saya pun sudah ikhlas. dan saya pun tidak perrlu lama-lama menunggu untuk dikuret. tgl 29 feb 2011 saya pun melakukan kuret dan seminggu setelah itu kontrol dan dokter bilang hasilnya bagus dan mengatakan ibu bisa hamil lagi tapi dijaga 4 bln dulu ya biar rahimnya istirahat dulu. walopun sudah dikuret saya pun masih mencari cari apakah penyebab BO di internet sungguh setelah membaca saya melihat betapa kebesaran Tuhan itu kalo BO bisa jadi seleksi alam.

  61. iyang Said:

    ikutan sharing dong. tahun 2009 tepatnya aku pernah hamil anak pertama dan selama kehamilan sehat sehat saja.tapi menginjak usia 9bln beberapa hari sebelum waktunya lahir ternyata bayi aku dah meninggal karena terlilit tali plasenta…sedih banget ampe setahun aku kosong dan ternyata nov 2010 aku hamil lagi tp menginjak usia 11 mgg aku mengalami flek coklat yang ternyata didiagnosa BO dan akhirnya harus dikuret pd bln januari 2011,aku smakin sedih.dokter menyarankan aku utk tes torch.tapi mengingat kehamilanku yg pertama baik baik aja apa memang aku terinfeksi salah satu virus itu? katanya klo terkena salah satu virus itu maka kemungkinan utk hamil susah dan kalaupun hamil selalu saja keguguran, aku jadi ngeri….tapi katanya sih ada obatnya dari dokter ataupun berupa herbal.mungkin ada yang bisa kasih infonya dari temen temen?makasih sblmnya

  62. yully Said:

    Hari ini ak kontrol kedokter diusia kandungan 9mg, saat diusg yg terlht hny kantung sja, lgsg diusg transvaginal N hslny janin tdk berkembang. Sdh tdk bs berkta2 lg, kehmilan ini bgtu dinanti slm 4,5thn bhkn klrga, saudara N tetangga turut bahagia ats kehamilan ini. Dokter hny menyarankan 1/2 mg dtg lg N ak diberi obat yg dimskkan melalui dubur, disuntik obt penguat N diberi obt penguat vtmn. Mski hrpn itu bgtu kcl tp ak msh brhrp pd kekuasaan ALLAH. Ohya sbnrnya ak ga ska dgn usg transvaginal krn stlh usg yg prtm keluar flek coklat N usg trnsvaginal yg kedua lgsg keluar bercak darah. 1lg jgn mkn indomie dan sejenisnya krn emg ngaruh bgt sm kehamilan. Do’akan yah teman2 msh ada setitik cercah cahaya utk janinku krn hr ini bgtu brt bgku N airmata mengalir deras. Please ALLAH help me N berikanlah mukjizatMU, Amien Yaa RabbalAlamien…

  63. vina rchmaty Said:

    ass….. ini adalah kehamilanku yang pertama, namun kemarin tanggal 22 juni aku selesai kuret, karena pada saat kehamilanku yang menginjak 11 minggu, dokter mengatakan bahwa janinku tidak berkembang, sudah 2 dokter aku datangi dan hasilnya tetap sama, dokter menyarankan kuret… dan sekang masih terasa kesedihan walau sudah menjalankan kuret… hhhhhh apakah aku bisa hamil normal seperti yang lain?

  64. lela Said:

    mba wktu khamilan sy yg pertama mngalami flek,nyeri pada perut bagian bawah,dan wkt sy chek ke dokter,dan ternyata saya mengalami BO,janinnya tdk brkmbang.
    dan saat ini sy sdang hamil 2bln bertpatan dg khmilan sy hasil pemeriksaan TORCH pun kluar dan ternyata IgG maupun IgM nya positif.itu yg mnyebabkan khmilN sy BO,
    dan sy sdang hrap2 cemas krna kmern wkt di USG blom bayinya cuman kantongnya saja yg membesar,kt dokter itu kmungkinan BO lg krna wktu sy USG usia khmilan 5mggu,jd blom pst.tp skrng sy sdang mlkukan terapi melalui pengobatan spesialis-torch dg bpk Ir.H.juanda
    semoga dedenya bisa sehat sampai proses klhiran dan lhir dg sehat,normal.amiin
    minta doa bunda2 sekalian… :)

  65. eri Said:

    halo mbak, salam kenal semuanya…..
    saya juga baru di kuret hari ini karena Blight Ovum untuk yg ke 4x nya. kehamilan ke 4 berhasil lahir sehat dan selamat, sekarang udah 2,3th umurnya. yg kali ini kehamilan ke 4. yg pertama dan kedua BO wkt 10 minggu, ke 3 BO saat 12 minggu, skrg BO saat 10 minggu. tes TORCH negatif, dokter bilang karena kualitas sperma atau ovum yg kurang bagus, bisa juga karena jenis rh darah saya dan suami yg berlawanan, sehingga ketika janin punya rh yg sama dengan suami, tubuh saya lgsg menolaknya. tapi emang sih klo belajar dari pengalaman kehamilan ke 4 yg sukses, 3bln sebelum program hamil, kami suami istri melakukan terapi vit. e dan khusus saya ditambahi terapi folat. juga bener2 tidak menyentuh semua makanan yg instan, spt mi instan, bubur instan, kaldu instan, bumbu instan dll. semua jenis penyedap rasa juga dijauhi. dan berusaha tidak pernah beli makanan diluar, alias makan masakan sendiri. sayangnya kehamilan kali ini saya cuek aja sih, tidak lagi menepati itu semua dan hasilnya BO lagi…..yg bikin paling sedih adalah liat anak pertama saya yg sampe nangis2 ngelindur minta bawa pulang adek bayi….. .
    Saya tak pernah diluruhkan pake obat, semuanya kuret. dan setiap 6bln stlh kuret saya hamil lg, kecuali yg skrg tentunya. semoga bisa dijadikan pengalaman buat teman2 yg lain.

  66. yuli Said:

    apakah bo itu selalu ditandai dgn flek coklat?skrg sy lg hamil 6 mgu…pd kehamilan 5 mgu d usg tdk kelihatan apa2,dsog menyuruh dtg 2 mgu lg tp plg dr dsog itu malah keluar flek coklat,,,,saya blm sempat dtg k dsog lg

  67. momiaQiLa Said:

    hi all.. Assalamu’alaikum..
    sy share yaaa.. ini kehamilan sy yang kedua (anak pertama seorang putri 4thn 3bulan) 11 minggu di vonis BO oleh dua dokter.. bersamaan dengan tes TORCH yang Alhamdulillah negatif.. rasanya ga bisa diceritakan lagi.. sambil ngurut dada, berusaha senyum aja kalo inget Tuhan..
    Innalillahi wa inna ilaihi roji’un,, saya dan suami yakin selain mmg karena kualitas sperma atau ovum yg kurang bagus, ataupun karena jenis rh darah saya dan suami yg berlawanan, apapun itu ini sy sangat meyakini ini adalah rencana baik Allah SWT,,
    Yang saya alami, awalnya dokter melihat bahwa kehamilan sy diluar masa subur, lalu setelah 9-10 minggu dokter melakukan observasi krn menuju ke BO karena ada Flek (sempat ada seperti jaringan seujung kuku jari), bed rest, diberi obat penguat, tp krn obat penguat seperti torpedo via vagina, jd hanya 1-2x sy masukkan, selebihnya selain ga berani sy juga pikir ini sdh rencana Allah SWT, flek pun stop.
    Setelah bed rest kontrol ke dokter lagi, USG Transvaginal langsung di vonis BO dan akan dilakukan tindakan kuretase kapanpun sy siap, sy minta waktu 1 minggu lagi (untuk mengumpulkan do’a, intinya kesiapan bathin saya), saya pun kembali ke kantor (siapkan pekerjaan yg akan tertunda kalo sy harus istirahat pemulihan pasca kuretase), harusnya hr sabtu (25/02/2012) jadwal kuretase, tp mungkin karena naik turun tangga di kantor, mulai hr rabu sy flek lagi, kamisnya badan sy terasa pegal seperti mau haid hari pertama.. kamis mlm darah segar banyak keluar dan langsung konfirm ke dokter, dokter sy suggest utk istirahat mlm itu, dan keesokan pagi-nya (jumat) kami disarankan ke RSIA utk kuretase. sy mengikuti saran dokter. Jumat subuh sy terbangun karena ada bunyi ‘plup’ vagina sy mengeluarkan ‘jaringan’ sebesar hati ayam warna merah (darah pastinya) dan ada jaringan putihnya,.. saya makin yakin harus ke RSIA segera, sesampainya di RSIA, Tranvaginal (lagi) ternyata Subhanallah, Alhamdulillah, dokter melihat rahim saya sudah bersih.. bahkan sdh ada line / garis rahim yang menandakan rahim sdh kosong kembali.. artinya td subuh ‘bakal calon anak’ saya sudah Allah keluarkan via bius alami-nya berupa Tidur Pulas :)
    Saya diberi obat pembersih dan pengecil rahim kembali walaupun efeknya sedikit mules tp sangat bersyukur..
    Saya dan suami sangat mendambakan anak kedua seorang anak laki-laki, mungkin karena ‘Ngoyo’ jd sedihnya lebih terasa, apalagi kalo ingat kakak aQiLa yang sangat ingin punya adik, dan tau kalo pagi itu papi-nya gali lubang dan mengubur gumpalan darah bakal calon ade’nya yang ‘tidak jadi’.. miris sekali.. tapi lagi-lagi Allah menguji kami sekeluarga krn Allah Maha Tau, kami mampu menjalaninya.. :) semoga bermanfaat share nya..

  68. lia setia rini Said:

    salam kenal dari saya lia, saya kemarin di vonis sama dokter bahwa saya BO.langsung saya makjlek
    padahal saya ingin sekali punya anak dan dokter kasih saya obat penyubur janin ditunggu sampai 2 minggu lagi setelah itu perksa lagi gimna perkembnganya

  69. Felice Kania Said:

    usia kehamilanq sekarang 10 minggu.dan tiba tiba keluar darah kayak mens..d usg ternyata gambar janinx cuma buletan kecil. dokternya pesimis ini bisa berkembang,tp d suruh nunggu seminggu sama di kasih penguat kandungan.klo hasilx masih sama minggu depan,di kuret..sedih banget padahal Nayla anak pertamaq udah terlanjur seneng mau dapat adik..hiks hiks hiks

  70. Oca Said:

    Salam kenal ya Mbak, saya juga punya pengalaman BO diusia kandungan 11 minggu, waktu jadwal kontrol kedua saya divonis BO oleh dokternya, tapi saya dan suami masih belum percaya sampai akhirnya dihari yang sama kita pergi ke dokter lain, namun tetap hasilnya sama dan kandungan saya harus dihentikan, rasanya seperti kehilangan sesuatu yang sangat berharga krna ini adalah kehamilan pertama saya. Seminggu yang lalu saya sudah dikuret mbak, bagaimana ya mba untuk mencegah hal ini terjadi lagi? saya diminta 2 smpai 3 bulan dulu untuk hamil lagi


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: