IUI = Intrauterine Inseminasi

-diambil dari blog seorang dokter spesialis obgin atas pertanyaan aku-

 

Ada email dari seorang ibu yang mempertanyakan kenapa proses inseminasinya gagal. Beliau telah menikah hampir dua tahun lamanya. Biar sekaligus menjawab pertanyaan beliau dibuatlah posting ini : IUI.

IUI adalah proses menyemprotkan sperma secara artifisial kedalam saluran tuba saat sel telur keluar (ovulasi). Tindakan ini dilakukan pada wanita dengan usia dibawah 45 tahun dengan berbagai penyebab infertilitas kecuali yang dibebabkan oleh: sumbatan tuba, kerusakan tuba yang berat, sel telur yang jelek secara kualitas dan kuantitas, gangguan infertilitas pria yang berat dan tentu saja belum menopause.lollollol Bagi yang tidak memenuhi syarat untuk IUI maka alternatifnya adalah IVF (=bayi tabung).

Prosedurnya dimulai dengan induksi ovulasi pada wanita. Pada saat ovulasi terjadi, sperma pada pria dikumpulkan dengan cara masturbasi setelah abstinen selama 2-5 hari. Sperma yang didapat lalu di proses (spermal washing) yang dapat diselesaikan dalam waktu antara 20-60 menit. Kemudian sperma disemprotkan kedalam rahim yaitu ke saluran tuba dimana sel telurnya keluar (ovulasi). Gambar skematiknya seperti dibawah ini.

Photobucket
Suksesnya IUI tergantung pada: usia ibu, lamanya infertlitas, penyebab infertlitas, jumlah dan kualitas sperma hasil washing. Keberhasilan kehamilan semakin rendah pada keadaan-keadaan :
1. Usia wanita lebih dari 38 tahun

2. Wanita dengan cadangan ovum yang rendah
3. Kualitas mani yang jelek
4. Wanita dengan endometriosis sedang sampai berat
5. Wanita dengan kerusakan tuba
6. Infertlitas yang lebih dari 3 tahun.

5 Comments »

  1. ratih Said:

    hobby mbaca blognya dr didi juga yak?
    sama dong…🙂

  2. senandungcintaku Said:

    iya mba ratih …. abis suka penasaran pengen nanya2 kalo belum jadwalnya kontrol. he he ….

  3. vitri Said:

    vikka, aku mo tanya lg dong…
    klo ASA dah turun, trus ASA yang nilainya normal itu bertahan sampai berapa lama? apa bisa naik lg?vikka selama disuntik PLI pantangan makanannya byk gak? boleh tau gak apa aja? klo aku gak boleh mkn ayam, susu, kedelei, seafood, dll krn hasil test foodnya aku alergi. Vikka bener2 jalanin pantangan itu gak?

  4. senandungcintaku Said:

    katanya sih bertahan setaun. ya abis itu bisa naek lagi. pantangan makan banyak banget mba. dari semuanya yg boleh dimakan cuma tongkol sama yg dari kedele. lainnya ga boleh. kadang jalanin sih. kalo lagi ngejalanin turunnya cepet. tapi kalo lagi ga mood, alias ga ngejalanin, ya lambat turunnya mba,.

  5. meymey Said:

    syarat kekuatan sperma harus yg bagaimana karna suamiku teratozoospermia,gerak cepat nya 0%,gerak lambat 26% gerak di tempat 31%,tidak bergerak 43% oh ya bentuk ideal nya 8% harusnya di atas 25%..apa syarat ini bisa untuk insem ??


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: