detik demi detik ……

Syukur Alhamdulillah akhirnya buah hati yang telah kami nanti-nantikan hadir di tengah-tengah kami. Setelah melalui perjuangan yang cukup mengharu biru (halah!) Inez Indriasarum lahir tanggal 15 Juni 2009 pukul 22.22 WIB di RS MMC melalui proses persalinan SC.

 

Inilah detik demi detik penantian kami …..

 

Cuti melahirkan akhirnya aku ambil tepat tanggal 1 Juni 2009. artinya usia kehamilanku sudah masuk 38 week. Menurut perhitungan hpht, prediksi kelahiran tanggal 12 Juni 2009. dan bisa maju 2 minggu atau mundur 1 minggu.

Tepat di 38w1d tiba2 aku merasa perut kencang dari jam 9 malam hingga pagi harinya. Panik? Tentu aja. Akhirnya aku sms sang dokter. Dan disarankan untuk CTG. Ini juga karna aku sakit gigi yang teramat sangat, jadi mau ga mau ya nanya dulu baiknya gimana. Dari hasil CTG belum ada kontraksi yang cukup berarti ternyata. Jadi boleh d ke dokter gigi. Drg. Bambang …… saya datang. Khkh …. Ahhh Cuma ditambel dikit, ga brani diapa2in soalnya lagi hamil tua gini. Katanya nanti aja kalo dah lahiran perawatan gigi dimulai.

 

39 Week (5 Juni 2009)

Adi yang mendapat jatah cuti cuman 2 minggu (teganya, hiks …) memutuskan pulang hari ini. Yah apes2nya kalo proses kelahiran mundur, Cuma bisa ndampingin beberapa hari aja. (walaupun aku ngotot, suruh extend cuti, potong gaji juga mau, khkhkh). Sorenya langsung nemenin kontrol. Si non dah 3,6 kg. huaaa berat yak. Tapi kadang kan suka meleset perkiraannya. Disuruh banyak jalan, senam, sama laku ndo-ndok (nah loh, bahasa jawa keluar dah), maksudnya jalan jongkok kaya di keraton ituh.

 

40 week (12 Juni 2009)

Sore hari jadwal kontrol dengan sang obgin. Berangkat dari rumah dah jam 4. nunggu antrian, spertinya dapet nomer 1 nih. Tepat jam 5 ….. dueng. Dr. otamar ada partus yaaaaaa ….. dah bukaan 8. ok lah paling aga cepet nih. Sejam d. akhirnya kita mutusin buat jalan-jalan ke pasfest dulu. Beli makan. Cuma mampir di dunkin, trus balik lagi ke mmc. Makan + nunggu disana aja. Ternyata dah ga kuat muter2 mall. He he …..

Skitar jam stengah 8, dr. Otamar baru dateng. Dapet giliran pertama. Ternyata kasus partus yg baru ditangani hampir mirip dengan aku. Bayinya ndangak, dan sang ibu ngotot untuk tetap persalinan normal, Cuma berat bayinya cukup kecil; 2,2 kg saja. Jadilah melalui persalinan normal. Nah kalo kasusku … khkh …. Bayi ndangak tapi berat bayi udah 3,6 kg. ho ho ….. Dr. Otamar masih mau nunggu 1 minggu lagi. Jadi pas masuk 41 week, baru ditentukan apakah harus induksi atau gimana. Itu kalo belum ada tanda-tanda mau melahirkan.

 

40 week 3 day (15 Juni 2009)

Pagi2 Adi bilang mau berenang. Kirain mau bawa mobil. Taunya malah naek sepeda. Maklum frame baru, khkh. Lah ini brangkat dari jam 8 sampe jam 10 an blum nongol juga. Kmana ya???

 

Pukul 10.15

Lagi iseng ngecek Anakita Shop – ku. Sambil browsing macem-macem. Tiba-tiba berasa aja gitu ada cairan yg keluar. Hmm ….. karna rancu ini pipis atau ketuban, akhirnya malah buka YM dan tanya sana sini. He he …

 

Pukul 10.35

Sms dr. Otamar, ngasih tau kalo ada cairan yg keluar dan dalam keadaan aku yg tidak ingin buang air kecil. Ini ketuban bukan ya?

 

Pukul 10.36

Balesan datang, dan disuruh kontrol. Berarti mesti nunggu suami pulang nih. Dan dokter pun ada jadwal praktek baru jam 5 sore nanti.

 

Pukul 11.30

Adi pulang …. Sepeda ngejogrok aja didepan pager rumah. Sepertinya ada yg ga beres nih. Daannnnn ……. Adi abis salto dari sepeda, dan dia nyalahin fork epicon nya (jual aja dah tuh epicon, upgrade terussss). Huaaaa …… babak belur d. aku masih berusaha tenang, mbersihin luka-luka dia sebisa aku. Lumayan parah di dagu nya, kaya abis kena uppercut. Pipi kanan beset2, dengkul 2-2nya sedikit luka. Bahu kanan memar, pergelangan tangan kanan memar juga. Hiks, kasian suamiku. Tapi pas di tanya sakit apa engga, dia bilang ga sakit loh. Abis beres mbersihin lukanya dan ngasih betadine, aku baru bilang d kalo tadi berasa ada cairan yg keluar. Udah sms dokter dan disuruh kontrol.

 

Pukul 12.00

Adi akhirnya nyerah, cairan getah bening nya ngocor terus. Manggil supir minta dianterin ke rumah sakit. Sekalian aku kontrol. Karena dr. Otamar pas praktek di RS Asri, tadinya kita mau ngejar kesana, dan Adi ke RS Tria Dipa, biar ga bolak balik.

Udah dijalan nih ….. untung belum jauh2 amat, tiba-tiba berubah pikiran. Kita kan biasa ke RS MMC, ngapain juga ke RS lain. Akhirnya muter ke MMC d.

 

Pukul 13.05

Sampe di MMC, karna bingung akhirnya kita mutusin ke dokter umum. Karna pendaftaran di lantai 5, dan kita blum makan, jadilah jalan2 dulu di pasfest. Eh makan ding.

 

Pukul 14.00

Kelar makan langsung ke lantai 5. daftar ke dokter umum, adanya dr. Rudi. Langganannya Adi nih. Nunggu bentar. Lah malah ditolak. Katanya ke UGD aja yak, biar dibersihin lukanya. Laaaaahhhh tau gitu dari tadi langsung ke UGD.

 

Pukul 14.30

Masuk UGD. Ditangani. Luka dibersihin. Pas bagian dagu, duenggggg ….. sobek nih pak! Kaget duongg …… mesti dijait, tapi paling Cuma butuh 2 jaitan doang. Halah. Si Adi kayanya aga2 takut denger2 mau dijait. Dia bilang ga usah dijait aja. Akhirnya cuman di plester di rapetin. He he …… trus tangan sama bahu minta di rontgen. Alhamdulillah gapapa. Ga ada yg retak.

 

Pukul 16.00

Daftar buat ke dr. Otamar. Ga pake di timbang sama di tensi karna kontrol terakhir baru jumat kmaren ko.

 

Pukul 17.15

Dr. Otamar dateng. Masuk d. dateng2 katanya “bukannya sms dah dari tadi siang???” nyengir dah. Ditanya sbrapa banyak yg keluar? Dengan bodohnya njawab ga tau, yg jelas mampu membuat seprei basah. Usg bentar, ketuban masih cukup banyak, berat dd dah 3,7kg. disuruh CTG sama tes lakmus, ntar hasilnya balik lagi ke dokter.

 

Pukul 17.30 – 18.00

CTG …….. he he … Adi masih sempet2nya buka sepedaku.com. khkhkh ….

Tes lakmus ….. hasilnya positif yg keluar cairan ketuban.

Hmm … bakalan di induksi nih.

 

Pukul 18.00

Adi balik lagi ke dokter, sedangkan aku dah ga boleh turun tempat tidur. Tapi pas Adi nongol di ruangan dokter, lah aku malah ditanya kmana. Akhirnya suster nya disuruh turun. Disuruh cek bukaan. Dari tadi blum dicek soalnya. Hmm … cek bukaan? Ko kata orang sakit sih, dan aku yg biasa aja ….. hi hi …. Ternyata blum ada bukaan dan kepala bayi masih diatas. Ibu dah sibuk nanya gimana hasilnya. Aku blum bisa ngabarin. Baru bisa bilang kalo yg rembes tadi memang cairan ketuban.

 

Pukul 18.30

Yak sudah diputuskan untuk sesar. Ga tau gimana mulanya yang jelas aku ga tau kalo keputusan terakhir itu di sesar! Jadi aku masih berfikir untuk induksi dulu. Critanya dr. Otamar bilang ke suster, beliau prefer sesar karna bayi yg besar dan posisi ndangak. Suster ngomong ke Adi. Lah Adi ga bilang ke aku. Dia malah sibuk ngurus ke admission spertinya. Jadi aku baru tau dari suster pas dikasih baju rumah sakit. Hi hi …..

Dan tebak efeknya apa??? Shock. Tensi tiba2 melonjak jadi 150 / brapa gitu lupa bawahnya. Hi hi. Sampe susternya kaget. Ga brani bilang. Dan dia ngulang lagi nensinya. Dengan hasil yg sama, baru dia ngasih tau ke suster lain. Stlah aku diajak ngobrol, ditensi ulang lumayan turun sedikit jadi 130 / brapa gitu. He he ….

 

Rencana sesar jam 21.00 nunggu dr. Otamar selesai praktek di poli bawah. Di bilik sebelah ada pasien dokter juga yg lagi di induksi. Sambil nunggu jam 9, sempet nge fesbuk bentaran, sms sama farrah. He he …

 

Pukul 20.00

Ibu sama bapak dah dateng, bawa perlengkapan ku. Jadi karna tadi buru2 kontrol dan dipikir ya kontrol biasa, aku ga sempet bawa apa2, bener2 bawa diri doang sama tas bike to work dgn isi Cuma uang dan kartu2. he he …

Pasien bilik sebelah ternyata ga tahan, minta di sesar. Jadi aku nunggu giliran d.

 

Pukul 20.20

Mama mertua dateng. Ngobrol d berlima. He he ….

 

Pukul 22.00

Proses dimulai. Mulai masuk ke ruang operasi. Perasaan dah ga jelas.

Dr. otamar dah nunggu depan ruangan. Hmm …. Tenang banget yak pembawaannya.

Dr. Sunatrio sebagai dokter anasthesi memperkenalkan diri. Dan mulai menjalankan tugasnya. Yak mulai kebas d. he he ….

Suasana mulai cair. Lelucon2 para dokter dan suster masih mampu membuat aku tertawa. Tau2 kedengeran d tangisan si non …. Alhamdulillah anakku sudah lahir.

 

Dr. Kemas Firman selaku dokter anak memberi kabar anakku perempuan dengan berat badan 3680 gram. Wahh ternyata hasil usg ga meleset jauh. Hebat dok!

 

Saat dr otamar masih njait, sempet ketiduran sebentar. Tau2 proses selesai, dr. Otamar megang tangan kiriku dan ngucapin slamat.

 

Pukul 23.00

Di ruang pemulihan, pusingnya ampun dah. He he ….. ditemenin suami, ortu dan mertua.

Tiada henti-hentinya kami mengucap syukur Alhamdulillah atas semua karunia yang telah diberikan oleh Allah SWT.

 

Trimakasih untuk semua tim dokter dan perawat di RS MMC selama proses operasi sesar, dan juga saat masa pemulihan. Termasuk juga dokter dan perawat di UGD yang telah merawat suamiku.

 

Trimakasih untuk dr. Otamar, atas semua bantuannnya, nasihatnya, leluconnya, dan semangatnya selama hamil yang 1, keguguran, program hamil, hingga akhirnya berhasil hamil lagi, dan melahirkan. jangan kapok ya dok punya pasien seperti saya. Saya belajar banyak tentang kesabaran dan semangat dari dokter.…….

 

Ah hampir lupa, juga untuk dr. Indra Gusti Mansur, Sp.And. buat PLI dan kawan-kawannya. He he ….

 

buat room conference (smuanya yang aku ikuti), thanks buat smangatnya. Satu persatu dari kita akhirnya hamil, yang belum …. Insya Allah secepatnya menyusul …..

 

https://senandungcintaku.wordpress.com …… buat pembaca setia curahan hatiku, hi hi …… Allah tau saat yang terbaik …. Dan sgalanya akan menjadi indah tepat pada waktunya. Thanks buat comment2 nya dan juga smangatnya.

5 Comments »

  1. siti nuraini Said:

    Selamat yah mba Vika…
    akhirnya babby yang ditunggu-tunggu lahir dengan selamat.
    pantesan dah jarang OL lagi he..he..
    sekali lagi selamat yo, doakan diriku cepat nyusul yo
    salam kenal buat si kecil Inez Indriasarum (namanya bagus sekali)

    • senandungcintaku Said:

      makasih mba siti ….
      iya nih bulan2 terakhir aku males banget online nya.

      iya mba, pasti di doakan. yang penting jangan patah smangat ya mba ….

  2. kuna Said:

    hai mbak…selamat yaa…
    aku juga dah lahiran bulan mei…
    sebaya ya baby kita

    • senandungcintaku Said:

      mba Kunaaaa …. congrats juga yaa ….
      namanya sapa nih mba babynya?

  3. wah pasien dokter Otamar jugak…

    I heart you Doc….hehehehe


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: