Imunisasi Lekosit Suami (Paternal Leukocyte Immunization / PLI)

Pengertian ILS 

Imunisasi dengan lekosit suami (paternal leukocyte immunization atau PLI) merupakan salah satu pilihan pengobatan imunologis (imunoterapi) yang diberikan pada pasangan suami istri (pasutri) yang menginginkan anak (infertil). Pada wanita (jika belum hamil), baik spermatozoa (sel mani) maupun janin (hasil pembuahan) akan bersifat sebagai benda asing (antigen) di dalam organ kandungan, sehingga dapat ditolak. Akibatnya, seorang ibu hamil perlu melindungi janinnya dengan cara membentuk zat penolak (antibodi) untuk menghambat reaksi tersebut (blocking antibody) atau antibodi penghambat. Pada keadaan normal, dalam tubuh ibu hamil terbentuk antibodi penghambat untuk melindungi janin, terutama pada triwulan pertama kehamilan (12 minggu). Namun demikian, pembentukan antibodi penghambat tersebut pada keaddan tertentu sangat rendah, sehingga dapat terjadi keguguran (abortus) berulang, cacat janin, hambatan perkembangan janin atau bahkan samasekali tidak tumbuh yang lazim disebut hamil nir-mudigah (blighted ovum). Pembentukan antibodi penghambat tersebut dapat dipicu dengan memberikan sel darah putih )lekosit) suami ke istri melalui imunisasi. Tindakan ini disebut sebagai ILS atau PLI. Selain itu, pada wanita yng memiliki antibodi antispermatozoa (AAS) atau antisperm antibody (ASA) yang sangat tinggi dapat terjadi reaksi penolakan di dalam tubuhnya terhadap spermatozoa suaminya, karena spermatozoa dianggap sebagai benda asing. Dalam hal ini, ILS dapat melindungi tubuhnya dari antibodi antispermatozoa tersebut.

Keuntungan ILS 

ILS berfungsi menurunkan antibodi antispermatozoa: lebih baik dan lebih selektif,  tidak menurunkan sistem imun tubuh secara keseluruhan, hanya menurunkan kadar antibodi antispermatozoa terhadap spermatozoa suami 

Pasien yang Memerlukan ILS 

Pasutri infertil, baik yang primer (samasekali belum punya anak), maupun yang sekunder (pernah punya anak);   Pasutri dengan riwayat keguguran berulang (2 kali atau lebih);   Pasutri dengan riwayat kehamilan tidak berkembang atau hamil nir-mudigah 

Bilamana ILS Diberikan? 

 sebelum terjadi konsepesi (pembuahan) dan  setelah terjadi konsepsi hingga usia kehamilan 12 minggu 

Jumlah Pemberian ILS

 ILS minimal diberikan 3 kali dengan jarak 3-4 minggu. Dan 2 minggu setelah ILS ketiga, pasien disarankan untuk penilaian ulang uji imunoandrologi. ILS dapat diteruskan jika diperlukan.

 Persiapan Pemeriksaan 

 pasangan suami istri sudah melakukan uji imunoandrologi; suami sudah melakukan pra-ILS; dan konsdisi suami harus sehat

78 Comments »

  1. Melly Said:

    mba, mau tanya, kalo terapi PLI ini biayanya berapa ya? makasih…

  2. senandungcintaku Said:

    halo mba …
    tes kibrik untuk tau kadar antibodi kita waktu itu saya abis skitar 880rb.
    tes pra ils untuk tau apakah darah suami dapat menjalani ils skitar 500rb.
    pli 1 – 3 skitar 800rb.
    pli selanjutnya skitar 700rb.

    lupa2 inget sih mba. tapi ya skitar itu lah ….

  3. woro isnaini Said:

    Mbak mau tanya?
    Saya harus melakukan ILS, efek yang terjadi setelah melakukanimunisasi tersebut apa ya mbak?, sebab setelah suntik tapros badanku pegel, nyeri dan ngak lincah lagi, terima kasih

    • senandungcintaku Said:

      @ mba woro …

      aku sih ga ada efek samping yg teramat sangat. paling dibekas suntikan aga gatel sedikit sama aga benjol. tapi tiap orang beda2 sih mba.

  4. Idham Rachman Said:

    Mbak, Saya sudah ikut program PLI sampai 7 kali. Setelah itu istri dilakukan operasi postioning rahim dan diberi obat untuk tidak haid dulu selama pemulihan. Setelah itu istri baru haid dan tidak banyak. Bulan berikutnya (bulan ke 4) istri positif hamil saat 6 bulan setelah operasi (positif hamil 2,5 bulan) dan belum sempat dilakukan PLI saat hamil, akhirnya pada bulan ke 3,5 janin keguguran. Setelah 2 bulan nifas istri hamil lagi dan baru ketahuan saat minggu ke 6. dan kami lakukan PLI saat minggu ke 6 dan ke 10. Untuk dilakukan PLI ke 3 pada minggu ke 13 menurut dokter sudah tidak perlu. Pemeriksaan janinpada minggu ke 13 masih normal.

    Apakah ini akan menggangu janin dan bagaimana tindakan selanjutnya.

    • senandungcintaku Said:

      kalo ga salah ya pak, berdasarkan keterangan dr indra, diatas minggu ke 12 sudah tidak diperlukan PLI lagi. karena janin dianggap sudah kuat. selama hasil pemeriksaan obgin baik2 saja spertinya tidak ada yg perlu dicemaskan. *halah, bahasa gw kaya dokter aja*

  5. santi Said:

    aslmkm mb,,,,salam kenal ya.
    aku mw curhat juga nih,aku skrg jd pasiennya dr indra. aku kontrolnya di RSIA budhi jaya.awalnya aku konsul sama prof iam setelah pemeriksaan dan beberapa tindakan sama prof ternyata masalahku cuma 1 yaitu ASA ku sangat tinggi.nilainya hampir sama kayak mb.so aku di oper ke dr indra. kemarin sih br pra PLI hasilnya blum bs lanjut ke PLI krna swmi msh ada virusnya..eh mb bener..biayanya mahal jg ya..awalnya aku ga nyangka smp sejauh ini tp krn udah terlanjur ya…udah deh sekalian aja…kayaknya kudu mengencangkan ikat pinggang nih hehehe…pra PLI 900rb. PLI 925rb. blum obat2nya…
    mba aku mw tanya,apa di sayyidah itu lbh murah ya????
    truss nt pas PLI itu apa memang sedemikian sakitnya???? dan bengkak2nya ?????
    anyway…..aku ucapkan selamat ya mba…..semoga dimudahkan sampai kelahiran nt.
    ternyata aku sadar bahwa anak adalah anugrah yang sangat mahal,sebuah keajaiban penciptaan sang Khalik Yang Maha Pencipta..

    • senandungcintaku Said:

      wuidih, mahal juga ya di budhi jaya. aku biasanya di sammarie. Pra PLI skitar 525rb. PLI @ 700-800 an rb.
      kalo sayyidah dulu aku pernah nanya, itu cuma beda 25rb dari sam marie. tp ga tau ko kmaren temenku nanya sepertinya jauh lebih murah. apa salah ngasih harga atau gimana ga tau jg d mba.

      ga ko mba, ga sakit. masing2 orang beda2 sih efeknya. bengkak? aku sih cuma sdikit benjol di bagian yg pas di suntik. kadang gatel jg. tapi ga terlalu mengganggu ko.

      thanks ya mba … tetep semangat. pasti Allah ngasih yg terbaik.

      • deri Said:

        mba, kmrn aku pra ils di sam marie,,,,,lumayan skrg hrg’y :: pra 1,7 jt….ils 1 :: 1,1 jt…blm obat2an’y…..

  6. santi Said:

    ya ampun mb….aku mw dong ke sayyidah…alamatnya dmn ya?? dan no telpnya?..bener mb mahal bgt.aku aj uji kibrik dan uji virus biayanya 2,7 jt..mb aku minta email mb ya?biar bs YM an

    • senandungcintaku Said:

      sayyidah ya … hmm …. taman malaka selatan no. 6 (daerah pondok kelapa). no telp nya aku cari dulu ya mba …
      silahkan email saya di jazzlovers_vee@yahoo.com, sekaligus id ym yaa ….

  7. Ine Said:

    Mbak,aku udah hampir 5 th nikah,blm pernah hamil. Baru kmrn tes asa, 1: 8192, jd sama dr. Indra dan dr. Nadir Chan (YPK) aku disuruh terapi PLI…tp kok aku baca di i-net,katanya terapi PLI udah kuno dan tdk terjamin…bener gak sih,mbak?

    • yulia Said:

      dear mba ine, klo emang kuno..knp juga aku uda nyobain obgin disuruh hsg, tes hormon, tes tokso, obat penyubur, tes sperma, ampe inseminasi …lalu dikuret..ampe suamiku mau dioperasi krn katanya ada penyumbatan di jalur sperma..tp ga ada yg menawarkan PLI,
      sampe ketemu jalannya ke Dr.Indra yg menyarankan program PLI..Alhamdulillah aq dpt anak kembar
      smg bermanfaat,

  8. senandungcintaku Said:

    @ Mba Ine ….
    he he … PLI ini masih pro kontra mba. jadi ya, kalau masih ragu sebaiknya ga usah mba.

    dulu, waktu memutuskan untuk PLI, aku cuma percaya, smoga ini jalan terbaik yg memang harus kulalui. Dan semoga melalui tangan dokter2ku, Allah akan member jawaban kepada kami.

  9. irani Said:

    Hi vik…
    ASA ku lebih tinggi 1 tingkat dari kamu 1:32788. Parah banget ya.. Terus terang ampe shock banget. tapi gak tau kenapa aku tuh dah punya feeling kalau ASA ku tinggi, aku niat banget pengen test kibrick di Sammarie sejak 6 bulan setelah menikah, sampe akhirnya baru kesampean tes minggu lalu setelah beberapa kali ketemu dr otamar di sam marie. bayangkan harus bolak balik ke jakarta. setidaknya pertanyaan kami terjawab. tinggal ngejalanin perjuangan yang udah kamu lakukan.
    baca blog mu dan dgr cerita dari witri, terus terang salut banget vik sama kamu, akhirnya usaha dan doamu terjawab, semoga bayi sehat dan persalinan lancar ya.
    ohya, kalau tes alergi makanan untuk istri itu wajib dilakukan sebelum PLI nggak? suamiku baru mau test Pra-PLI, tapi di pekanbaru aja. Biar nanti hasilnya tinggal di bawa ke dr. Indra.

    • senandungcintaku Said:

      Iraniiii …… pakabar??
      Ir, smangat yaa. temenku ada ko yg nilai asa nya sgitu juga. dan Alhamdulillah skarang dah hamil.
      tes alergi makanan biasanya dr. Indra akan nyaranin Ir. soalnya ini membantu untuk mempercepat penurunan antibodi.
      tes pra PLI juga wajib hukumnya, ini untuk mengetahui layak atau tidaknya darah suami digunakan untuk menjalani PLI. kalau dianggap tidak layak (ada virus atau apa gw aga ga ngerti) bisa digunakan darah saudara kandung suami yang dinyatakan layak juga. di Pekanbaru adakah Ir tes pra PLI ini?
      smangat ya Ir …… gw doain cepet nyusul ya say.

  10. rara Said:

    gak tau siy PLI berhasil apa ga.At least Sudah 3x PLI ASA ku turun.Dari 1:32rb jadi 1:4rb gt dech..berhubung msh tinggi & aku kena toxo jadi skrg sdg terapi ke 2 nya..

  11. irani Said:

    Hai vik, habis acara nuju bulanan ya? semoga sehat semuanya ya, ibu dan bayinya… Akhirnya suamiku dah test pra-PLI di Prodia Pekanbaru, ada juga ternyata, karena test-nya standard kayak HbsAg, HbeAg, TPHA, dll, lupa, tapi pokoknya utk tau ada penyakit menular apa ngga. sekarang lagi nunggu hasil, kalau ok, pengen langsung ke jkt, dan PLI sama Dr. Indra. semoga boleh langsung.

    @rara : wah mbak, 3 x PLI udah turun dari 1:32rb ke 1:4rb ya, syukurlah dah berkurang, mskpun masih tinggi, itu PLI aja atau dengan pantangan makan dan immunocal mbak?
    mau terapi ke-2 nya masih PLI ya?

    • senandungcintaku Said:

      iya Ir, abis nuju bulani kmaren. biasanya sih boleh Ir, langsung PLI pertama. asal hari sabtu atau rabu.

  12. yusabbih Said:

    mba vikka…lam kenal!

    ak mo tny, ak dah PLI ke-6 rabu bsk ak hrs evaluasi. evaluasi I ASA ku trn dr 32rb jd 2rb. klo dah trn smpe batas normal (insy4JJl) pd evaluasi hari rabu bsk. mba tau ga tindakan DR indra selanjutnya apa?jujur agak ngepot juga dananya…

    jd pengen tau apa tindakan DR indra selanjutnya?
    mba ak ga bc dr awal posting mba, dah smpe PLI kebrp mba hgg akhirnya dijawab doa n usaha mba?

    thx jwnya!!

    • senandungcintaku Said:

      biasanya kalo dah diangka normal disuruh stop PLI mba. tapi dalam staun diusahakan hamil. aku dari nilai 1024 juga udah boleh program hamil, walaupun tetep PLI.

      aku sampe PLI ke 8 mba. sempet insem, tapi gagal. akhirnya jadinya malah alami, cuma dikasih penyubur aja.

  13. yusabbih Said:

    ooo… tus saat menjalani proses alami mba tetep ke dr indra? ato ke dr kandungan yg lain n ke dr indra jg, jd 2 gt?

    subhanallah mba buah kesabarannya, sy smpe PLI ke-6 aj dah kdg2 ngeluh, kurang ikhlas x y…

    sebenernya ikhlas2 aj si klo ga perlu pke ngepot cari dananya…
    ooo baby ooo baby, come 2 mom baby…!!😉

    rencana hr ini ak mo ke sayyidah lagi, utk evaluasi, berharap smua jd normal. n bisa program scptnya… doakan ak y smua( ky benteng takeshi) hehehhe…

    ngomong2 mba dah brp lama mnkh, tus thn ke brp hml? anaknya ce/co?
    smg anaknya sholeh/a d !

  14. yusabbih Said:

    Mba aq dah evaluasi, hr slsa kmrn aq konsul ma dr.indra, tyt ASA ku masih kurang normal, 256. jd kmrn krn dah 4 mgg dr PLI trakhir, jd lgs PLI ke7. dah blh hamil, hrs balik k dr. kandungan seb.nya.

    doakan aq y, smg terwujud smua yg kmi hrpkan, mksh y mba info2nya kmrn!!

    wass

  15. yusabbih Said:

    mba ada yg mo aq tnyain lg, mba minum immunocal utk apa?
    tus, aq kan ASAnya 256. perlu ga mnm immunocal, kmrn dr.indra ga ngsh resep apa2

    tlg jwbnya dunk, tus perlu pk resep dr ga?
    lamanya mnm immunocal tergantung apa mba?

    thx b4!

  16. tety Said:

    mba, dr hasil test alergy makanan, sy bnyk yg +1 (kt dr diupayakan dihindari), kerepotan jg kl mo makan, bnyk yg d pantang, emang sbrp bsr sih mba pengaruh mknan itu dngn penurunan asa (sy sdng menjalani terapi pli..br mau ke 2 mnggu ini, kt dr indra direncanakan pli smp 3x)..mksh mba

    • senandungcintaku Said:

      @ mba tety
      katanya sih bgitu. ada temenku yg bener2 pantang makanan, hasilnya cepet tuh turunnya. aku sendiri aga males buat pantang, dan hasilnya mesti 8x PLI, huehuehue

    • eydha Said:

      hai mba teti aku baru baca2 blog ini .. dari perckapan terahir 2009 .. gmn skrag mba dah berhasilkah?
      dari PLI terahir hamil di bulan k brp? oh ya pantangan makanan itu apa aja yah buat nurunin ASA. saya baru aja niat untuk mau k dr Indra.
      treima kasih sebelumnya.

  17. yovita Said:

    mb..mo nanya klo immunocal fungsinya bwt apa ya?? hrs resep dokter or bebas djual di pasaran?? kira2 saya bs ngedapetinnya dmn yaa??? tq

  18. mia Said:

    Mba,

    Mo tanya dong…apa yg terjadi klo kita ngelakuin PLI…apakah ketika lahir..baby nya sangat identik dengan suami…??? wah, asyik bangeth dong….IgE ku sekitar 1:200 so, Dr. Indra meminta kita utk PLI….kaya apa yah rasanya…kemaren waktu mulut rahimku luka trus di krio, masukin alatnya aja sakit bgt…ini kita di imunisasi darah suami…kaya apa yah…???

    • senandungcintaku Said:

      hihi, ga juga ko mba. sakitnya relatif sih. aku alhamdulillah ga ngerasa sakit banget. hanya sesudah di suntik aga benjol sedikit.

      • adell Said:

        hai salam kenal

        sayyidah itu apa si mba?? tx

  19. yuni Said:

    mbak lam kenal ya…..

    mo tny apa kalau mo PLI hrs rekomen dokter ya? apa hrs ke dr kandungan dl ya?, tahapan2nya apa ya?.. aku mo coba berobat lg stlh lama vakum…tq

    • senandungcintaku Said:

      salam kenal juga mba yuni …

      PLI akan berada dibawah pengawasan androlog. awalnya memang ke dr kandungan dulu mba. nanti baru diarahkan ke androlog. tapi tidak semua dokter kandungan adalah penganut PLI.
      dulu saya ditangani oleh dr. Otamar Samsudin, Sp.OG. di klinik Sam Marie.

  20. yuni Said:

    klo langsung ke androlog bs ga mba?…
    soalnya skrg aku tggl di palembang, dl sih di jkt, mksdnya klo aku hrs ke dokter kandungan kan makan waktu, dl aku prnh insem 3x tp gagal, aku pikir2 mungkin krn antibodi kali ya, dokter ku dl ga penganut PLI…
    emang dah lama aku dan suami ga program lg, kt dah nikah 9th, slama ini mencoba pasrah aja….

    • senandungcintaku Said:

      Sbenarnya bisa aja ko mba. Dulu saya juga baru balik ke obgin stlah nilai antibodi saya turun cukup banyak.

  21. nani Said:

    salam kenal…
    Kami pasein dr. indra. Suami saya baru kemarin pre PLI. kalo hasilnya bagus langsung PLI 1. Tapi ada satu ganjalan dihati. Ada yg bilang krn proses ini menyuntikkan darah suami ke tubuh saya, kami telah menjadi saudara. Jujur, kami jadi serba salah.
    Terima kasih

    • senandungcintaku Said:

      Salam kenal juga mba ….
      Hmm, saya malah belum pernah dengar mba. Dulu prinsip saya, jika ini memang jalan yang harus saya lalui untuk mendapatkan buah hati atas ijin Allah melalui tangan kedua dokter saya, Insya Allah menjadi berkah dan mendapat anugerah.
      PLI memang pro kontra ko. Baik di kalangan pasien atau dokter sekalipun.

      Maaf tdk banyak membantu

    • yulia Said:

      Dear mba nani,program ini adalah salah satu bentuk pengobatan..jd jauhkanlah pikiran kekawatiran..krn akan menghambat niat mba nani yg sesungguhnya
      Alhamdulillah anakku kembar hasil program PLI

  22. ecy dona Said:

    salam kenal…

    Aq sudah melakukan pli yg pertama , kalo minum immunocal bener ga sih bisa nurunin asa yang tinggi.. trus untuk dapatin immunocal di mana ya…. makasih

  23. Yen Said:

    Hi, aku baru habis PLI 3, kemaren krn msh blum turun bnyk, skrg 1024 dari 4096😦 jdnya kmren kita lngsung PLI IV.

    Tp dulu perna coba ke RS. Siloam Kebun Jeruk, dari hasil USG, katanya nilai HCGku kurang baik karnanya telurku kualitasnya kurang baik. Malah disarankan langsung inseminasi. Tp krn suami dlm wkt bersamaan jg berobat ke DR. Indra di RS.YPK wkt itu, disarankan kita PLI, jd kita jalankan, karna pengen hamil normal.

    Yg jd prtanyaanku, gmn si spy kualitas telurku bs baik. Tgl 15 kmaren mestinya aku dlm masa subur, tp aku tes dr hari ke 10, 14 dan 16 (hari ini), kok msh negative yah, padahal (dulu mensku ga teratur, tp skrg sudah teratur yaitu 28hr). Skrg jd serba bingung deh, kata dr. Indra, skrg si dah mulai boleh hamil, tp berhub. cm boleh wkt ms subur, kt pengen bgt aku cepet2 hamil, tp kl wkt aku cek ga ada ms subur trs aku mesti gimana yah.

    Bisa tolong bantuin kasi saran ga yah..
    Aku bingung de sama kondisiku, macem2 bgt masalahnya smp stress.

    Thanks yah

  24. mery Said:

    mba aku turut berbahagia akan kehadiran inez setelah perjalanan panjang n sabar mendapatkan buah hati.dan aku sgt menghargai kebaikan hati mbak yg meluangkan waktu dan energy untuk share detail proses yg mbak jalani.
    sy mery sy tinggal di balikpapan, dan sedang menjalani program hamil sy jg mau ikutan share tentang proses yg sedang jalani.
    awal maret sy ke sam marie basra konsult dgn prof jacoeb sy konsult dan usg, lalu hari ke 3 haid ambil darah AMH dan toxo hasilnya Toxoplasma IGG, CMV IGG , HSV-1 IGG positive, antibody anti sperma ku di atas normal 1:512 , saat ini sudah 1x PLI dan masih harus 2x lg PLI , di barengi juga minum immunocal 2x/hari. thanks mba atas sharing2 nya kalau ada yg mau berbagi info ym saya meryta76@yahoo.com untuk teman2 yg lain yg masih berusaha stay positive and semangat🙂

    • Riska Said:

      Hi mery… salam kenal ya.. udah brp lama married? Kmrn aq jg ada rencana mau ke dr jacoeb tp kata temenku dr. jacoeb kurang enak diajak diskusi… bener ga? thanks ya🙂

      • VhitA Said:

        Salam kenal ya Mba Mery…Mba Riska
        Semangat ya… aku skrg lagi jalanin PLI di Sayiddah… dulu aku pernah IUFD, janin laki – laki aku meninggal karena Pre Eklamsia… dari si kecil meninggal saat kandungan 26 mggu din akhir Desember 2006 aku blm hamil lagi… semangat ya🙂

  25. mery Said:

    mba aku turut berbahagia akan kehadiran inez setelah perjalanan panjang n sabar mendapatkan buah hati.dan aku sgt menghargai kebaikan hati mbak yg meluangkan waktu dan energy untuk share detail proses yg mbak jalani.
    sy mery sy tinggal di balikpapan, dan sedang menjalani program hamil sy jg mau ikutan share tentang proses yg sedang jalani.
    awal maret sy ke sam marie basra konsult dgn prof jacoeb sy konsult dan usg, lalu hari ke 3 haid ambil darah AMH dan toxo hasilnya Toxoplasma IGG, CMV IGG , HSV-1 IGG positive, antibody anti sperma ku di atas normal 1:512 , saat ini sudah 1x PLI dan masih harus 2x lg PLI , di barengi juga minum immunocal 2x/hari. terimakasih mba atas ruang sharing nya. buat temen2 lain yg masih berusaha mari kita berbagi info ym ku meryta76@yahoo.com .

  26. Riska Said:

    Hai, mba… salam kenal ya… Kebetulan aq jg baru mau coba PLI Kemaren udah tanya2 ke sayyidah dan rencananya selasa besok mau ke obgyn dulu trus kamis br ke dr. indra Sebenernya suamiku dulu udah pernah ke dr. indra tp blm sempet balik lagi Untuk pertama kali PLI, ada efek yg signifikan ga ya? trus ada pantangan makanan ga? Thanks buat sharingnya ya…

  27. yulia Said:

    halo mba.. lam kenal. aq alumni PLI juga nih hehe asuhannya Dr. Indra…setelah menunggu 4 th. Alhamdullillah akhirnya dikaruniai anak kembar..hasil program PLI..

  28. dini Said:

    Hallo mb, aku sm suamiku baru mau pre PLI di sayiddah.. Kita udh nikah 3taun lebih blm pny anak, baru ketauan kmrn kalo aku alergi sperma suamiku pas aku ke dr.indra..sblmnya aku udh ke berbagai obgyn,alternatif,pijet, sinshe dll:) biayanya mahal juga ya test2an dan suntik2an PLI ini kalo diitung2.. Tp kita harus semangat dan jgn menyerah, smua pasti ada jalan keluarnya:) senang baca comment2 kalian:)

    • senandungcintaku Said:

      smangat mbaa …… aku malah belum bisa PLI lagi. hiks

  29. VhitA Said:

    Mba…. aku skrg juga lagi berjuang nih… skrg udh suntik PLI ke4… masih 2 lagi kata dr. Indra di Sayiddah… tetap semangat… apalagi baca ini… makin semangatttt

  30. Indah Puji Hastuti Said:

    Hallo..Salam kenal..

    Saya juga lagi program anak kedua..setelah menunggu 3 th tidak hamil2..saya coba browsing dokter kandungan spesialis fertilitas.
    Nemu Prof. Yakoeb di Sam marie Basra.
    Setelah serangkain test yang byk dan makan biaya..hasilnya.. ASA tinggi 1 : 3200 dan positif TOKSO, CMW dan HERPES.
    Sekarang proses pengobatan virus memasuki bulan ke2, katanya harus 3 bulan nminum obat terus menerus dan kemudian di cek lagi.
    Dan minggu lalu PLI ke 2..Menmbaca sahring dari temen2 jadi semangat lagi…sebab selain waktu biaya juga tidak sedikit.. Tapi saya percaya pasti niat yang baik pasti akan mendapatkan hasil yang baik…
    Chayooooo

  31. sarah Said:

    Dear, temen2 ….
    salam kenal ya,
    aku juga sedang jalanin PLI di sayidah, baru sekalisih , kt dokter stlah 3x pli baru di evaluasi, aku infertil sekunder, anak pertamaku usianya 14 th, dan ampe skrg blm pernah hamil lagi, Asa ku 1024, aku jg jalanin test food, setelah baca tulisan teman2 aku jd di kuatkan, kita sama2 doa yaaa… dan tetep semangat.

  32. Fielda Said:

    Salam kenal semua..
    Mau sharing aja, ASA aku 1:2097152, tingkat ke2 paling tinggi, setelah 6 kali PLI alhamdulillah turun jadi 1:1024.. Aku PLI di sayyidah, biayanya ± 700-800rb, biaya akan turun per 3 kali.. Aku jg konsul ke Budhi Jaya, cuma kalo disana agak mahal PLI nya, yaa diitung2 mending di sayyidah..Lumayan sisanya buat ke Prof Marsis di Budhi Jaya.. Do’ain yaa temen2, aku pengen banget hamil karna nikahnya udah 3,5 taun.. Rasanya ada yg kurang klo blum ada dd kecil..

  33. Rini Said:

    hai mom, saya baru baca2 blog ini setelah googling🙂 Sungguh menarik diskusinya. Saya dan suami sdh menjalankan program ILS yg ketiga minggu kemarin (atas anjuran Dr. Indra), yg perlu ditegaskan kembali adl :
    1. Pasangan harus siap lahir bathin, dan sebaik-baik niat
    2. Siapin juga biaya yg gak begitu murah (alhamdulillah, dicover semua sama kantor suami), tergantung hasil uji ASA, semakin tinggi siap2 kocek yg dirogoh semakin banyak🙂 sabar ya mom
    Setelah 3x ILS, cek ASA lg, lom tau hasilnya, harusnya hari ini. Cuma yang jadi ganjalan saya dan suami adl, Dr. Indra meminta suami utk ‘keluar didalam” saat berhubungan atau pakai sarung. jadi pertanyaan kami (belum ada narasumber yg bs dihub malem2 gini :)), kalo gt caranya kpn bisa hamil ya, sedangkan info para mom, bahwa sdh ada yg hamil ditengah proses ILS, mohon sharing ya mom

    • vikka Said:

      hai mba ….
      saya dulu pernah curhat sama obgin saya, kenapa harus menggunakan pengaman saat berhubungan, ntar malah ga jadi2 dong dok. gitu lah kira2. dan menurut beliau, harus pake akal, saat masa subur dilepas pengamannya. kalo diluar masa subur pakai pengaman lagi.
      tapi aku dulu sih hajar terus, ga pernah pake pengaman. *bandel, jangan ditiru. hihihihi

  34. nitnots Said:

    wow senangnya ada ucapan2 yang menguatkan saya. Semoga kita semua yang masih berusah segera diberikan Tuhan momongan yang lucu n pinter amieeennn…

    Sy mau nanya ASA sy tinggi bgt, lalu ada pantangan makannan yang juga banyak bgt. Salah satunya susu sapi. Apakah immunocal termasuk susu sapi or memang aku aman minum susu immunocal?

    Satu lagi aku ada pantangan bbrp makanan, kalo misalnya aku pegang2 pantangan makaanan itu untuk mengolahnya buat suami apakah ga boleh juga walaupun tidak aku makan?

    Mohon pencerahannya, thanks moms

    • vikka Said:

      immunocal sebenernya bukan susu sih. jadi kalo alergi susu sapi ga masalah ko minum immunocal.
      dan stau saya jg megang makanan yg dipantang gpp ko mba.

  35. nitnots Said:

    Dear Mba Vikka…

    Thanku yah jawabannya, berencana beli immunocal tp kok yah bc diwebsite nya immunocal kandungan susu sapi segar. Mmmmhhh ngeri euy, oia mba vika dh sampe mana skrg ?hasil PLI nya udh ada? biaya nya aga nyesekin juga hehehheeheeeee

    • vikka Said:

      coba d dikonsultasikan ke dr. indra dulu.

      hasil PLI ku menghasilkan anak pertama. kalo anak kedua tanpa PLI. tapi pake immunocal aja.
      iya biayanya emang lumayan menguras kantong ,na

  36. nitnots Said:

    Dulu brp kali PLI mba Vika?hasil ASA nya brp pertama kali, biasanya 3x PLI itu turun ke angka berapa sih?
    maaf bnyk tanya, bingung😦

    • vikka Said:

      maaf kelewat. lama skali ya. dulu ASA ku 16rb skian. lupa angkanya. stlah 3x PLI turun jadi 1024. nambah 3x lagi turun jadi 512. nambah 2x lagi tetep 512. hehehehehe

      • nitnots Said:

        iyah mba lama ajha…:))))
        Aku dr 262 ribu mba stlh 3x PLI aku turun ke 4000.
        disuruh 3x PLI lagi. Mba waktu 512 di bolehkan program hamil or di 1024?????
        brpa lama mba vika lgsg hamil stlh hasil 512 itu?

      • vikka Said:

        hihihihi, lupa mau buka2 wp. hehehe.
        aku stlah PLI ke 6 yg hasilnya 512 itu dah boleh program hamil. abis PLI ke 8 stop ga PLI lagi. sbulan stlah itu malah hamil alami.

  37. nitnots Said:

    ooo gitu mba, stlh 8x PLI emng masih disuruh PLI lagi gag sama dokter Indra?
    atau dikasi obat? atau mba memang dah males PLI2an lagi?

    • vikka Said:

      masih disuruh PLI lagi mba. tapi dah males. hehehe. soalnya pas abis 8x itu saya nyoba insem tapi gagal. jadi d males program. eh malah sbulan stlah insem malah berhasil alami.

      abis PLI itu saya minum immunocal aja. pas hamil harusnya PLI lagi, tapi berhubung suami lagi di luar kota, saya infus gammarast d.

      • Ita Said:

        mba vikka : immunocal bs mempercepat penurunan asa ya? kl aku ada pantang susu sapi apa blh minum ini? krn hsl tes alergi +2😦. dulu minum immunocal konsultasi ke dokter dulu apa inisiatif mba vikka aja? belinya dmn ya mba?

        maaf ya nanyanya byk… smoga bermanfaat utk mn2 lainnya jg…

        terima kasih mba…

  38. nitnots Said:

    infus gammarast buat apaan mba, duh maaph mba bnyk nanya….
    thanku untuk waktunya..
    insem atas keinginan mba or emng mau sendiri, brapaan tuh mba?sm Dr. Indra juga insem?

    • vikka Said:

      sama fungsinya dgn PLI. tapi efek lebih cepat.
      insem keinginan sendiri mba. iseng aja pas ada telor yg besar2, minta insem. insemnya sama dr. Otamar mba.

  39. nitnots Said:

    wah kayanya dah abis2an niy mba vikka untuk itu yah. Puji Tuhan berbuahkan hasil, semoga saya juga cepet dikasi Tuhan melalui usaha ini amien. Thanku banyak mba vikka
    Tuhan berkati

    • vikka Said:

      Amiin … good luck yaa

      • eydha Said:

        saya tertarik dgn pengalaman mba vika saya tadinya pgn jug melakukan pli.. tp spertinya biaya nya cukup lumayan…
        mba mau sharingnya donk.. apakah selama melakukan pli ada pantangan makanan?.. pd saat hamil ke2 mba tidak melakukan pli hanya dgn susu immunocal saja bisa hamil? ko bisa ya mba apakah nilai ASA nya stabil kali ya mba.
        Apakah mungkin saya mengkonsumsi immunocal aja tanpa konsul dokter.
        Maaf mba pertanyaan nya jadi banyak,
        saya juga ingin cepat hamil… karena usia sudah cukup banget.

  40. untea Said:

    Mba Vikka, salam kenal dari saya, Anti. Semangat bgt menemukan blog ini, jd nambah byk info ttg PLI.

    Saya udh priksa ke dr. Iwan, SpOg khusus fertilitas di banjarmasin, pas kebetulan dokternya menganut PLI jg, jd begitu liat hasil lab kl sy ada antibodi sperma, lgs disuruh datang ke Klinik Yasmine RSCM dg dr.Indra.

    Jadi,saat ini kami sdg giat2nya mengumpulkan byk informasi ttg dr.Indra dan program PLI nya🙂 sangat bersyukur mba Vikka share lwt blog ini, makasih byk sblmnya ya mba…

    Kalau tes pra PLI bisa di Prodia ga ya mba? terus terang kami sdg mengatur wkt (dan duit pastinya) utk bolak balik ke Jkt.. kl skrg biaya 1x PLI brp ya mba?

    saya invite mba ke YM saya ya: untea_adriana@yahoo.com

    Makasih mba..

  41. Uchie Achti Said:

    hi semua..saya uchie..baru join PLI fansclub:) lagi masuk proses PLI pertama (setelah test alergi)..biayanya Rp 900.000,- di RS Sayyidah..tp saat PLI ke 2 biayanya turun menjadi Rp 850.000,- dan yg ke 3 nanti Rp 800.000,-..Karna ASA saya tinggi, dan hasil test alergi yg menghebohkan duniaku…maka saya dilarang mengkonsumsi udang, kakap, bandeng, coklat, susu, telor, ayam, bebek , coklat, terigu, gandum, kedelai…hanya boleh makan ikan air tawar, daging sapi/kambing, sayur n buah..awalnya berat buatku berpantang hal2 demikian..karena sbg ratu kuliner, hal ini sgt sulit dilakukan hehehe tp demi sang buah hati..kurelakan hanya makan rebusan sayur2an:)..saat PLI pertama, lekosit masuk ke dalam tubuh..nyeri rasanya..tp ga lama…hanya setelah itu..tangan (bagian yg disuntik) agak benjol (sdh semnggu belum hilang benjolnya)..tdk gatal sih.hanya aneh aja spt bisul😦..kata teman, dikompres handuk panas aja pasti hilang benjolannya…Dr Indra n Dr Fadli yang menangani saya n suami orangnya baik , sopan dan tidak sombong (alias tidak cuek, sok menggurui) mereka mau MENDENGAR..itulah yg membuat saya n suami mau berobat d RSIA Sayyidah pondok kelapa. pelayanannya cukup baik n tenang..bersih n spt di rumah sendiri…Dokter belum suruh aku minum susu tsb..membaca testimoni kalian semua..spt im not alone..so yuuk keep in touch slg berbagi..thanks ya mbak:)
    sukses n fighting ! ini ym aku : uchay40

  42. Uchie Achti Said:

    sorry : ymku : uchay40@yahoo.com

  43. sisya Said:

    soal PLI, saya tanya dong… seberapa besar ya keberhasilannya PLI untuk membantu kehamilan. mengingat info2. PLI bisa dilakukan lebih dari 3X..
    malah ada cerita katanya sampe hamil 5 bulan agar tidak terjadi keguguran… adalah rekan2 yang sudah berhasil ?

  44. Uchie Achti Said:

    nyambung lg..sekarang aku dah PLI3..bayarnya 850rb ternyata..PLI1 900rb, PLI2 dan 3 850rb.nanti yang ke 4, jadinya 800rb.. nah berhubung aku PLI ke 3, maka biayanya Rp 850rb..(5/5/2012) tgl 19 aku diminta datang untuk cek darah dan bagi suami akan ada test sperma (puasa 3-5 hari hub bdn dl),..nah dari situ bila mau ditunggu hasilnya kita kd dtg jam 7..hasil diambil jam 4 di hari yg sama..karna tidak buru2 maka kami putuskan di test tgl 19/5 dan tgl 26 kami dievaluasi…ttp pantang makanan yang dilarang…biaya evaluasi sekitar 1,3jtan…okeee

    • dian Said:

      Hai, I am thank you to God, menemukan blok ini. Aku baru saja cek di RSCM Yasmin dan dokter mengatakan kalau saya antisperma. Kaget seperti disambar petir rasanya, krn kurang pengetahuan akan hal ini. Disarankanlah oleh dok untuk melakukan PLI di rmh skt sammerry dgn Dr. Indra.
      Sepanjang jalan menuju pulang saya menangis, krn kaget kok bisa saya pya antibodi menolak sperma suami sendiri.
      Pantas saja 5thn merit blm pya anak. Sempat keguguran 1x.
      Akhirnya saya searching dan ketemulah blok ini, dan membuat saya bangkit kembali untuk berjuang lagi untuk mendapatkan buah hati.
      Karena saya tidak sendirian, ternyata bnyk yg mengalami sprti ini bahkan ada yg berhasil.
      Yahh…hari sabtu besok 28 July jadwal saya untuk memulai PLI.
      Semoga semua berjalan lancar dan membuahkan hasil.
      Thx all for your experience. It’s mean a lot for me.

  45. tina Said:

    salam kenal teman2 aq ud ils yg 6 nih msh 1:2048..harus semangat krn ternyata aq ga sendiri..ttp semangat..

  46. Ita Said:

    hai semua.. senangnya ktm blog ini jd byk info ttg PLI. aku sdh 6 thn nikah & br ikut 1x program PLI di sayyidah agak sakit pas disuntik krn dibwh kulit, benjol bekas suntikan br agak kempes stlh hampir 2 mg sblmnya sakit kl dipegang & gatal smp merah krn aku garuk2 sdikit gk tahan.

    @ mba vika : tanya dunk diet makanannya gmn slama program? aku agak susah diet makanan terutama telur, susu, coklat&teh😦 sbrp besar pengaruh diet ini ke penurunan Asa?

    makasih mba atas sharingnya… tetap semangat


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: