Archive for September 16, 2008

Sesi Curhat!

“sore dok, ini hasil tes kibriknya” … amplop itu kuserahkan pada dr. Otamar. walaupun di kantor kmarin aku dah ngintip hasilnya.

“masih stagnan di angka 512 ya bu?” aku cuma diem. diem karna memang itu kenyataannya. “ini sperma suami jg blum berubah, malah down lagi ya?”

cuma bisa menghela nafas …. dan akhirnya keluarlah kata2 ini. “iya, antibodi ku masih di 512. dannnn …. suamiku udah ga mau lagi dok! kmarin adalah yang terakhir” kali ini gantian dr. Otamar yang menghela nafas. “yaa, kalo suami dah ga mau lagi kita cari cara lain aja.” aku bener2 mencoba menahan tangis. “pake imunocal ya dok?” tanyaku. “sebenernya ada 2 sih. bisa pake imunocal atau infus” …. dan harga infus itu adalah 5x lebih mahal dibanding 1x suntik PLI. “imunocal aja d dok. infus nya nanti dulu, kalo dah terpaksa banget”. “iya, saya kasih imunocal aja. usg yuk bu ….” …. ragu, karna ga berharap banyak. “hmm, aku ga berharap banyak loh dok, aku baru kluar dari rumah sakit!”. “knapa bu?”. “typus” dengan muka lurus banget. “Jorok lo bu!” yak, dokterku berhasil membuat aku tertawa.

hasil usg ga ada yg menggembirakan. “kecil2 nih bu telornya. yang kanan ga ada” … “lha, kan bulan lalu yg kanan dok. coba d yg kiri ada ga?”. “skarang hari kebrapa bu? bulan lalu mateng di hari kbrapa ya?”. “skarang hari ke 12 dok. bulan lalu di hari ke 13 udah 22 mm dok. aku ga berharap banyak ko dok. lupain aja d bulan ini”. sambil maenin jari2 nya, ngitung2 telorĀ aku kayanya. “hmm … gw yg berharap banyak bu! abis sakit biasanya antibodi melemah”. “teorinya gitu kan dok”. kelar d tuh usg. telor gw cuma berukuran 9 mm.

diskusi lagi … “gimana cara ningkatin kualitas spermanya dok? tanpa obat2an” tanyaku memulai diskusi ini. “suami sesibuk apa sih? sampe ga pernah nganterin lo ke dokter bu” hmm … sulit d. “ga sibuk banget sih. kalo ga pernah nganterin ya karna dia dah ga mau program lagi dok. cape katanya. yang jelas taun depan suamiku ditempatin di luar kota!” … “haduh, masalah 1 lagi d. masih taun depan kan ya? ya udah, relaks aja dulu lah. ibu aja yg semangat. gpp kan?” gw cuma ngangguk … ga ngerti mau ngomong apa lagi. “dok, knapa siklusku kmaren jadi maju ya?”. “emang brapa hari kmaren?”. “25 biasanya kan 30. ga pernah maju seumur2”. “masih wajar ko. ya kan karna pengaruh hormon. yg pasti sama pikiran!” … “ok bu, kontrol lagi hari sabtu ya bu!” aku cuma terdiam. mau dateng ga ya? spertinya dia inget apa alasannya. “hmm, atau senin d. terserah ibu. yang penting jangan stress bu. relaks aja. lupain d tuh typus nya.” pas banget azan maghrib, gw keluar dari ruangan dokter.